Cara Merawat Aki Mobil yang Benar agar Tidak Mudah Tekor

Konten dari Pengguna
19 April 2024 17:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara merawat aki mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara merawat aki mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aki mobil merupakan komponen vital yang terdapat di dalam mobil. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai listrik ke komponen mobil yang membutuhkan daya.
ADVERTISEMENT
Supaya kondisi aki tetap prima, pemilik kendaraan perlu melakukan sejumlah perawatan. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil supaya tetap awet dan tahan lama, simak penjelasan lebih lengkap pada uraian di bawah ini.

Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Ilustrasi jumper aki mobil. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Bagi pemilik kendaraan dapat melakukan beberapa hal yang dapat membuat aki mobil agar tidak cepat tekor atau soak. Merujuk informasi yang terdapat dalam laman Nissan Indonesia dan sumber lainnya, berikut ini adalah cara merawat aki mobil.

1. Panaskan Mobil Secara Berkala

Cara merawat aki mobil supaya tidak mudah rusak adalah dengan memanaskan mobil secara teratur setiap hari.
Panaskan mobil setidaknya selama 5-10 menit, meskipun sedang tidak akan digunakan. Hal ini akan membuat arus listrik dalam mobil terisi dengan baik dan lebih stabil.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, jika mobil jarang dipanaskan akan memberi dampak pada kondisi aki yang menjadi cepat tekor dan soak. Ketika akan mematikan mesin mobil, pastikan telah mematikan semua komponen elektronik di dalam mobil.

2. Bersihkan Aki Mobil Secara Berkala

Membersihkan aki mobil secara berkala juga dapat meningkatkan usia pemakaian aki agar lebih awet. Adapun salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian ekstra adalah pada terminal aki.
Bagian ini biasanya tertutup debu dan kotoran. Jika terminal aki kotor, maka akan menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terganggu.
Pemilik mobil dapat membersihkan bagian ini dengan sikat kawat atau sikat plastik. Tidak hanya itu saja, pastikan untuk memeriksa seluruh komponen di dalam aki.
ADVERTISEMENT
Cek dengan teliti pula adanya keretakan, karat, dan pastikan tidak ada kabel yang mengelupas.

3. Periksa Ketersedian Listrik dalam Aki

Menjaga suplai listrik dalam aki juga termasuk dalam perawatan aki mobil. Saat merasa mobil mulai sulit dinyalakan, ini menandakan cadangan listrik di dalam aki mobil mulai menipis.
Segera isi ulang cadangan listrik dalam aki agar dapat berfungsi dengan optimal kembali. Apabila aki mobil berjenis aki basah, maka perawatannya dengan mengisi air aki sesuai dengan volume yang ditentukan.

4. Pilih Aki dengan Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara, pastikan untuk menggunakan aki dengan kualitas terbaik. Salah memilih aki hanya akan merusak komponen mobil yang lain.
Menggunakan aki dengan kualitas unggulan juga dapat membuat usia pakai aki menjadi lebih tahan lama.
ADVERTISEMENT

5. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Dalam merawat aki mobil, pemilik kendaraan perlu memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Jika terlalu banyak memasang aksesoris mobil di luar spesifikasi aki, hal ini dapat membuat aki cepat tekor.
(SA)