Otomotif
·
27 Juli 2021 21:12
·
waktu baca 1 menit

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Anti Ribet

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Pasang Relay Klakson Mobil Anti Ribet (624639)
searchPerbesar
Ilustrasi membunyikan klakson mobil Foto: dok. Shutter Stock
Klakson adalah salah satu fitur yang paling penting pada kendaraan, khususnya mobil. Salah satu fungsinya untuk keamanan ketika berkendara.
ADVERTISEMENT
Klakson menjadi tanda yang dapat digunakan pengemudi kepada pengendara lain, baik sebagai tanda bahaya ataupun bertegur sapa.
Pada dasarnya mobil sudah memiliki klakson bawaan dengan sekadar klakson standar, namun beberapa pemilik mobil tidak puas dengan suara yang dihasilkan oleh klakson tersebut. Beberapa pemilik mobil biasanya menginginkan suara klakson yang lebih nyaring dari klakson standar yang dibuat oleh pabrikan mobil.
Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk membuat suara klakson mobil lebih nyaring adalah dengan memasangkan sebuah relay pada rangkaian klakson aftermarket. Penambahan relay pada sistem klakson, akan membuat arus listrik dibuat lebih pendek tanpa harus melewati saklar utama. Selain membuat suara klakson lebih nyaring, arus dari aki mobil tidak akan berkurang, karena akan langsung masuk kedalam horn.
ADVERTISEMENT

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Anti Ribet (624640)
searchPerbesar
Rangkaian klakson (Foto: hsrwheel.com)
Nah, untuk Anda yang ingin membuat suara klakson mobil terdengar lebih nyaring dengan menambahkan relay, beberapa cara ini bisa dicoba, yang dikutip dari hsrwheel.com. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah.
  1. Rangkaian klakson standar diubah menggunakan rangkaian modifikasi dengan menambah relay seperti gambar di atas.
  2. Ketika saklar pada kemudi stir ditekan, maka arus listrik akan mengalirkan dari garis merah masuk ke terminal relay 85. Dari situ, listrik akan masuk ke terminal 86 lalu menuju saklar dan ke ground.
  3. Ketika komponen yang ada pada relay sudah dilewati, maka saklar yang ada pada relay akan dihubungkan ke terminal 30 dengan terminal 87. Dengan begitu, arus listrik dari baterai akan tersalurkan ke fuse, lalu ke terminal 30, terminal 87, dan klakson akan berbunyi.
ADVERTISEMENT

Manfaat Memasang Relay Klakson

Sebetulnya Anda bisa saja memasang klakson afteramarket tanpa menggunakan relay. Namun hal tersebut tidak akan bekerja maksimal pada klakson Anda.
Dengan memasang relay, klakson mobil Anda akan memiliki suara yang lebih lantang atau keras. Selain itu, dengan memasang relay, saklar klakson di mobil Anda akan jadi lebih awet.
Itulah cara memasang relay klakson mobil agar lebih nyaring dan juga manfaatnya. Perlu diingat jika Anda tidak sanggup memasangnya, Anda bisa melakukan pedampingan dengan orang yang lebih paham terhadap otomotif
(HDZ)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white