Otomotif
·
5 Mei 2021 17:55

Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling (311404)
Layanan SIM Keliling. (Foto: dok. Istimewa)
Bagi pengendara motor, SIM C adalah dokumen wajib yang harus selalu dibawa setiap berkendara. SIM C ini harus dengan catatan masih dalam masa berlaku terhitung dari tanggal terbitnya.
ADVERTISEMENT
Jika masa berlaku habis, Anda perlu segera memperpanjang SIM. Pilihan tempatnya pun beragam, Anda bisa melakukannya di Satpas, SIM Keliling, atau gerai SIM yang tersedia di daerah Anda.
Bagi Anda yang hendak melakukannya, bisa mencoba mendatangi tempat-tempat tersebut. Persyaratannya pun mudah, cukup bawa KTP dan SIM C asli beserta salinannya sebanyak 2 lembar.
Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling (311405)
Ilustrasi SIM C. (Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA Foto)
Pada pembahasan kali ini, kami akan menyajikan cara perpanjang SIM C di layanan SIM Keliling. Berikut adalah penjelasannya dikutip dari kumparanOTO

Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling

Sesampainya di lokasi SIM Keliling terdekat, datangi pos verifikasi dan serahkan berkas KTP dan SIM asli beserta salinannya. Anda kemudian akan mendapat nomor antrian, duduklah di tempat yang tersedia untuk menunggu panggilan.
ADVERTISEMENT
Sambil menunggu, isilah formulir identitas diri yang diberikan secara lengkap. Setelah itu, tunggu sampai nama Anda dipanggil ke pos kesehatan.
Ketika dipanggil nama Anda, serahkan formulir yang sudah diisi ke petugas kesehatan. Anda akan melakukan cek kesehatan untuk mengecek tinggi, berat badan, golongan darah, suhu tubuh dan tes mata. Usai cek, kembali duduk untuk mengantri lagi.
Anda akan dipanggil untuk giliran pengambilan foto lalu serahkan formulir ke petugas di dalam mobil SIM Keliling. Petugas akan mengambil foto, tanda tangan, dan cap sidik jari Anda.
Petugas akan mengecek kesesuaian data sebelum SIM baru Anda diterbitkan. Kembalilah ke tempat duduk untuk menunggu panggilan selanjutnya.
Jika SIM C milik Anda sudah selesai dibuat, Anda akan dipanggil dan diminta untuk menyelesaikan pembayaran.
ADVERTISEMENT
Itulah cara memperpanjang SIM C di layanan SIM Keliling. Anda tidak perlu khawatir sebab prosesnya relatif tidak memakan waktu lama, yakni sekitar 30 menit. Jika antrean sedang sepi, Anda bahkan bisa menyelesaikan prosesnya lebih cepat. (RAS)