Otomotif
·
5 Juni 2021 11:44
·
waktu baca 3 menit

Cara Perpanjang SIM Online Menggunakan Aplikasi Digital Korlantas Polri

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Perpanjang SIM Online Menggunakan Aplikasi Digital Korlantas Polri (589740)
searchPerbesar
Ilustrasi SIM A dan SIM C. (Foto: dok. Istimewa)
Bagi Anda pemilik kendaraan, wajib hukumnya mengantongi Surat Izin Mengemudi atau SIM. Surat ini memiliki masa berlaku 5 tahun yang dihitung dari tanggal penerbitannya.
ADVERTISEMENT
Jika sudah habis masa berlakunya, Anda wajib pula melakukan perpanjang SIM. Datangi saja lokasi yang tersedia seperti di Satpas, SIM Keliling atau Gerai SIM.
Nah, bagi Anda yang sehari-harinya memiliki aktivitas yang padat, kini terdapat metode online untuk melakukan perpanjangan SIM. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika memang tidak sempat meluangkan waktu untuk melakukan perpanjangan SIM di lokasi-lokasi seperti layanan SIM keliling.
Layanan perpanjang SIM online kini bisa Anda coba melalui sebuah aplikasi. Anda bisa mencoba mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri.
Ingin mencoba metode perpanjang SIM via online? Simak informasinya berikut ini.

Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online Menggunakan Aplikasi Digital Korlantas Polri (589741)
searchPerbesar
Aplikasi Digital Korlantas Polri. (Foto: Reno Esnir/ANTARA Foto)
Layanan perpanjang SIM online disebut dengan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang bisa ditemukan di aplikasi Digital Korlantas Polri. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
ADVERTISEMENT
Registrasi
Pertama, Anda harus melakukan registrasi pada aplikasi terlebih dahulu. Buka aplikasi Digital Korlantas Polri, lalu Anda akan memasukkan nomor handphone.
Setelah nomor HP diinput, Anda akan menerima SMS berisi kode OTP. Input juga kode OTP ini pada kolom yang tersedia.
Jika berhasil, selanjutnya Anda akan membuat PIN yang terdiri dari kombinasi 6 angka. Buatlah kombinasi yang mudah Anda ingat agar tidak lupa.
Anda juga akan mengisi data-data lainnya, seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat email aktif.
Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta melakukan verifikasi wajah. Sistem akan membantu Anda mengambil swafoto wajah Anda.
Setelah itu, buka email dan periksa jika ada email dari aplikasi. Buka emailnya dan klik yang diberikan untuk mengaktivasi akun aplikasi Anda.
ADVERTISEMENT
Lalu, kembali ke aplikasi dan pilih menu SIM. Anda akan memilih golongan SIM yang akan diperpanjang, seperti SIM A, SIM C, dan sebagainya.
Tes Kesehatan dan Tes Psikologi
Jika prosedur registrasi selesai, berikutnya Anda akan melakukan tes kesehatan. Gunakan menu E-Rikkes untuk mendaftar tes kesehatan.
Pada halaman pendaftaran, Anda akan mengisi NIK dan mengunggah swafoto diri. Setelahnya, pilihlah dokter beserta jadwal yang tersedia sesuai waktu yang Anda bisa.
Nah, untuk tes kesehatan Anda tentu harus datang ke lokasinya. Datangi klinik atau pusat layanan kesehatan yang sudah ditentukan sesuai jadwal yang Anda pilih.
Sesudah tes, lakukanlah pembayaran terhadap biaya tes kesehatan. Anda bisa membayarnya via ATM atau mobile banking. Hasil tes kesehatan akan dikirimkan ke akun Anda di aplikasi.
ADVERTISEMENT
Usai tes kesehatan, selanjutnya lakukan tes psikologi. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan menu E-PPsi. Sama seperti tes kesehatan, hasilnya juga akan terkirim ke aplikasi.
Pengambilan SIM
Langkah terakhir, Anda harus menentukan metode pengambilannya. Ada tiga alternatif yang ditawarkan, yakni mengambil sendiri di Satpas, diwakili orang lain dengan surat kuasa, atau via jasa pengiriman Kantor Pos.
Jika menginginkan yang praktis, Anda bisa gunakan alternatif ketiga.
Setelah itu Anda juga akan mengisi nomor rekening. Ini diperlukan juga ada pengembalian dana atau pembatalan.
Berikutnya lakukanlah pembayaran biaya perpanjang SIM. Anda bisa melunasi biayanya menggunakan ATM atau mobile banking. Jika sudah dibayar, Anda hanya perlu menunggu sampai SIM baru Anda selesai dibuat.
Ketika sudah menerima SIM baru, jangan lupa lakukan satu langkah terakhir yaitu konfirmasi jika sudah menerima SIM. Digitalisasi SIM Anda kemudian akan muncul di aplikasi.
ADVERTISEMENT
(RAS)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white