Otomotif
·
15 September 2021 10:45
·
waktu baca 2 menit

Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah, Berikut 3 Metode yang Mudah

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah, Berikut 3 Metode yang Mudah (1234091)
searchPerbesar
Ilustrasi pajak kendaraan bermotor. Foto: Shutter Stock
Sebagai pemilik kendaraan, pastinya Anda tahu mengenai pajak kendaraan. Bahkan, setiap tahunnya Anda akan melakukan pengurusan pajak kendaraan. Namun, apakah Anda tahu arti sebenarnya mengenai pajak kendaraan?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs resmi Auto2000, Pajak Kendaraan Bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari Pajak Daerah. Seperti yang tertulis dalam Pasal 1 angka 12 dan 13 UUD Republik Indonesia Nomer 28 tahun 2009, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.
Pajak kendaraan ini terdapat pada instansi yang bernama Samsat. Kantor Bersama Samsat ini melibatkan tiga instansi pemerintah, di antaranya Badan Pendapatan Daerah, Kepolisian Daerah Republik Indonesia, dan PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja.
Sebagai pemilik kendaraan pribadi, Anda diwajibkan untuk membayarkan pajak kendaraan yang Anda punya secara rutin. Pajak kendaraan dilakukan setiap satu tahun sekali. Besaran pajak kendaraan berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Umumnya, biaya pajak ditentukan oleh kapasitas mesin pada kendaraan yang Anda punya. Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berdasarkan dari beberapa faktor seperti Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), tarif pajak, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Sebagai warga negara, membayar pajak kendaraan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dan membayarnya tepat waktu.
Ada kabar baik bagi Anda warga Jawa Tengah. Pasalnya, pemerintah telah menyediakan layanan yang cukup mudah untuk mengecek pajak kendaraan. Warga Jawa Tengah dapat dengan mudah mengecek pajak kendaraan melalu website ataupun aplikasi khusus.
Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah, Berikut 3 Metode yang Mudah (1234092)
searchPerbesar
Aplikasi samsat digital Signal sudah bisa digunakan, untuk bayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah
Dikutip dari kumparanOTO, simak berikut metode pengecekan pajak kendaraan secara gampang.
1. Melalui Aplikasi
Yang pertama Anda dapat memanfaatkan aplikasi di handphone. Anda bisa mengunduh aplikasi cek pajak kendaraan, sesuai wilayah Anda, secara gratis di Playstore. Untuk aplikasi bagi warga atau kendaraan dengan pelat nomor Jawa Tengah anda bisa menggunakan SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.
2. Melalui SMS
Selain aplikasi, warga Jateng juga bisa memanfaatkan SMS untuk mengecek pajak kendaraan Jawa Tengah dengan mengirim SMS dengan format JATENG (spasi) Nomor Polisi. Contoh, JATENG (spasi) AD4444AIR dan dikirimkan ke 9600. Format SMS ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan yang ada di wilayah Jawa Tengah.
3. Melalui E-Samsat
Yang terakhir Anda bisa cek pajak kendaraan melalui situs resmi E-Samsat. Anda hanya perlu membuka website E-Samsat khusus untuk daerah Jawa Tengah yaitu di https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan lalu masukkan pelat nomor kendaraan motor atau mobil.
Setelah itu tunggu beberapa saat hingga keluar hasilnya. Perlu diketahui bahwa setiap daerah memiliki situs masing-masing.
ADVERTISEMENT
(FOV)