Otomotif
·
11 Juni 2021 9:51
·
waktu baca 2 menit

Cek Plat Nomor Kendaraan di Jateng Secara Online? Ini Caranya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cek Plat Nomor Kendaraan di Jateng Secara Online? Ini Caranya (454061)
Ilustrasi cara cek plat nomor kendaraan (Foto: Pixabay)
Mengecek plat nomor kendaraan merupakan kewajiban, karena nomor plat pada kendaraan bisa disebut sebagai "identitas" bagi sebuah kendaraan.
ADVERTISEMENT
Biasanya orang-orang mengecek nomor plat kendaraan bermotor yaitu untuk mengecek sebuah kedaraan yang akan dibeli secara bekas, pengecekan validasi kendaraan, hingga memecahkan kasus kriminal.
Di masa sekarang, cara mengecek plat nomor pun menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah bagi Anda dan warga lainnya yang berdomisili di Jateng (Jawa Tengah).
Bagi warga Jawa Tengah dan sekitar yang ingin melakukan pengecekan kendaraan terdapat dua pilihan cara yang bisa dilakukan. Pilihan pertama, dengan cara datang ke samsat, dan yang kedua, dilakukan secara online.
Dikutip dari KumparanOTO, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat di Jawa Tengah untuk cek plat nomor kendaraan sendri.

1. Melalui E-Samsat

Cek plat nomor kendaraan bisa anda lakukan melalui situs resmi E-Samsat. Anda hanya perlu membuka website E-Samsat khusus untuk daerah Jawa Tengah yaitu di https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ lalu memasukkan plat nomor kendaraan motor atau mobil.
ADVERTISEMENT
Setelah itu tunggu beberapa saat hingga keluar hasilnya. Perlu diketahui bahwa setiap daerah memiliki situs masing-masing. Ada pun situs cek kendaraan sesuai daerah yaitu sebagai berikut.

2. Melalui Aplikasi

Selain lewat situs, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi yang dimana setiap daerah berbeda-beda aplikasinya, Anda bisa unduh aplikasinya secara gratis di Playstore.
Namun, sayangnya, aplikasi ini belum tersedia bagi pemilik perangkat Apple, karena aplikasi ini belum tersedia di AppStore.
Untuk aplikasi bagi warga atau kendaraan dengan plat nomor Jawa Tengah anda bisa menggunakan SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.

3. Melalui SMS

Yang terakhir kita juga dapat memanfaatkan SMS untuk mengecek plat nomor kendaraan Jawa Tengah
Yaitu Anda dapat mengirim SMS dengan format JATENG (spasi) Nomor Polisi.
ADVERTISEMENT
Contoh, JATENG (spasi) AD4444AIR dan dikirimkan ke 9600. Format SMS ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan yang ada di wilayah Jawa Tengah.
Itulah beberapa cara untuk cek plat nomor kendaraan Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.
(HDZ)