Otomotif
·
9 Juni 2021 15:54
·
waktu baca 3 menit

Daftar 5 Bahan Bakar Alternatif Selain Bensin Ini Ternyata Bisa Sumber Energi

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Daftar 5 Bahan Bakar Alternatif Selain Bensin Ini Ternyata Bisa Sumber Energi (26539)
Ilustrasu mengisi bahan bakar pada kendaraan (Foto: pixabay)
Bahan bakar jenis bensin merupakan hal yang paling umum dan sering dijumpai sebagai energi pada sebuah kendaraan. Diambil dari fosil, jenis energi yang satu ini diprediksi akan semakin menipis di masa depan.
ADVERTISEMENT
Hal ini terjadi karena energi dari fosil bukanlah jenis energi yang bisa diperbaharui. Oleh karena itu jenis bahan bakar alternatif pengganti besin sangat diperlukan di waktu yang akan datang.
Sebenarnya, terdapat beberapa bahan bakar alternatif yang bisa menjadi pengganti bensin dan bahkan disebut lebih ramah lingkungan.
Dikutip dari afdc.energy.gov, terdapat 5 bahan bakar alternatif di bumi yang bisa kita pakai saat ini dan menjadi pengganti bensin. Apa sajakah itu?

1. Biodiesel

Biodiesel adalah bahan bakar terbarukan yang dibuat dari minyak nabati, lemak hewani, atau lemak restoran daur ulang untuk digunakan pada kendaraan diesel atau peralatan apa pun yang menggunakan bahan bakar diesel. Sifat fisik biodiesel mirip dengan minyak solar.
ADVERTISEMENT

2. Natural Gas

Selanjutnya, ada natural gas. Pada dasarnya, gas ini dibentuk dari metana yang telah disimpan dengan tekanan sangat tinggi.
Pembakarannya yang lebih bersih, membuat CNG diklaim sangat cocok untuk bahan bakar pengganti terbaik. Selain itu, gas ini juga lebih aman untuk diangkut dan ditangani.
CNG pun dapat digunakan untuk membantu meningkatkan masa pakai oli pelumas engine kendaraan, lantaran lebih mudah bercampur dengan udara.
Hebatnya lagi, CNG juga bisa menghasilkan karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur oksida, karbon monoksida, dan partikulat sangat rendah. Sayangnya, gas ini membutuhkan ruang yang lebih besar dibandingkan tangki biasanya.

3. Ethanol

Bahan bakar alternatif yang selanjutnya yakni ethanol. Pasti kita sering mengetahui mengenail ethanol ini pada minuman berjenis alkohol. Akan tetapi, bedanya etanol telah dicampur dengan bensin.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, etanol murni tidak bisa digunakan untuk mobil penumpang. Tapi biasanya digunakan untuk truk, motor, dan mesin pertanian.
Energinya sendiri berasal dari proses fermentasi gula secara alami yang terjadi pada tanaman menggunakan ragi dengan distilasi dan pengeringan. Karena bensin campuran etanol mampu mengoksidasi bahan bakar, sehingga membuatnya membakar lebih banyak, efektif, dan mengurangi emisi. Bila emisi ini bisa diminimalisir, tentu pencemaran lingkungan tidak akan terjadi.

4. Listrik

Untuk bahan bakar yang satu ini sangatlah populer sekarang salah satunya di Indonesia. Sebagai pertimbangan bahan bakar, pemerintah Indonesia pun sedang gencar-gencarnya untuk mengajak masyarakat beralih untuk memilih kendaraan yang menggunakan energi listrik sebagai bahan bakarnya.
Listrik dapat digunakan untuk menyalakan kendaraan listrik plug-in (PEV), termasuk kendaraan listrik semua, juga disebut kendaraan baterai-listrik, serta kendaraan listrik hibrida plug-in.
ADVERTISEMENT
Kendaraan ini dapat mengisi baterai mereka dengan menarik listrik langsung dari jaringan dan sumber daya listrik off-board lainnya.
Sebaliknya, kendaraan listrik hibrida berbahan bakar bahan bakar cair, seperti bensin, tetapi menggunakan baterai kecil untuk mendapatkan kembali energi yang hilang selama pengereman (pada akhirnya meningkatkan penghematan bahan bakar).
PHEV dapat menggunakan listrik off-board untuk daya, yang mengklasifikasikannya sebagai PEV, tetapi juga dapat menggunakan bahan bakar cair dan beroperasi mirip dengan HEV jika perlu.
Menggunakan listrik untuk menggerakkan kendaraan dapat memiliki keamanan energi dan manfaat emisi yang signifikan.

5. Hydrogen

Hydrogen Termasuk ke dalam elemen kimia yang sangat mudah terbakar. Terlebih lagi, jika pembakarannya menerapkan mesin pembakaran internal.
Bila bahan bakar alternatif ini dicampur dengan udara, akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dan mampu meningkatkan efisiensi mesin.
ADVERTISEMENT
Bahan bakar menjadi kebutuhan paling penting diantara keperluan pokok lainnya. Kenapa demikian? Pasalnya, tanpa adanya bahan bakar, manusia tidak bisa bepergian dengan nyaman menggunakan kendaraan.
Selain itu, ada beberapa perlengkapan yang membutuhkan bahan bakar. Untuk itu, jika penggunaan bensin semakin menipis Anda bisa menggunakan alternatif diatas.
Itulah beberapa bahan bakar alternatif selain bensin. Semoga dapat dijadikan ilmu pengetahuan dan semoga bahan bakar bensin cepat tergantinkan oleh bahan bakar alternatif tersebut
(HDZ)