Dimensi Honda Mobilio dan Spesifikasi Lengkapnya

Konten dari Pengguna
7 Mei 2024 15:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Honda Mobilio. Foto: Honda Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Honda Mobilio. Foto: Honda Indonesia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Honda Mobilio pertama kali meluncur di Indonesia pada 2013 lalu. Mobil ini terus mengalami pembaharuan lantaran masih digandrungi oleh konsumen hingga sekarang.
ADVERTISEMENT
Hal itu dikarenakan dimensi mobil Low MPV ini tergolong cukup besar. Mengutip Honda Indonesia, dimensi Honda Mobilio untuk versi terbarunya yaitu 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm.
Adapun jarak sumbu rodanya 2.650 mm, jarak pijak depan 1.472 mm dan belakang 1.475 mm, serta ground clearance-nya 189 mm. Simak spesifikasi lengkap mobil Honda Mobilio di bawah ini.

Mesin Honda Mobilio

Honda Mobilio RS. Foto: Muhammad Ikbal/kumpa
Honda Mobilio versi terbaru menggunakan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.5L yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600. Sementara torsi tertinggi di kelasnya sebesar 14,8 Kgm yang responsif pada putaran mesin 4.600.
Mesin tersebut didukung drive by wire, sistem elektronik yang mengontrol buka tutup throttle valve untuk presisi akselerasi maksimal dan tetap hemat bahan bakar.
ADVERTISEMENT
Honda Mobilio juga dilengkapi dengan fitur ECO Indicator yang berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan informasi secara real time mengenai cara mengemudi yang hemat bahan bakar.
Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi CVT pun dilengkapi dengan Earth Dreams Technology.
Selain itu, seluruh mesin mobil ini bahkan menggunakan komponen yang rumah lingkungan, terbukti dengan lulus uji EURO-2 dari pemerintahan Indonesia, bahkan telah memenuhi syarat EURO-4.

Eksterior dan Interior Honda Mobilio

Honda Mobilio. Foto: Honda Indonesia
Dari segi eksterior, New Honda Mobilio memiliki beberapa penambahan seperti lampu depan yang telah mengadopsi jenis projector dengan DRL LED, penggunaan antena shark fin untuk tipe RS, serta desain pelek baru berukuran 15 inci bermotif two-tone.
ADVERTISEMENT
Masuk ke bagian interiornya, pada New Honda Mobilio tipe terendah, yaitu S, kini telah menggunakan head unit model 2DIN yang dilengkapi fitur Bluetooth.
Sementara untuk yang tipe E kini dibekali oleh head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci yang sudah dapat terkoneksi dengan smartphone. Untuk joknya sendiri menggunakan jok bermotif ivory yang berpadu dengan warna hitam.
Sedangkan untuk Mobilio tipe RS, kini menggunakan head unit layar sentuh model floating. Pada tipe ini terdapat tambahan motif oranye yang berpadu dengan warna hitam pada bagian dasbor dan jok.

Fitur Keamanan Honda Mobilio

Beralih ke fitur keamanan, Dual SRS Airbag menjadi fitur keselamatan wajib bagi New Honda Mobilio. Keduanya merupakan teknologi orisinil yang dimiliki Honda untuk meredam benturan dan menyalurkan benturan hebat saat terjadi tabrakan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, New Honda Mobilio juga memiliki fitur seatbelt reminder untuk tipe E dan RS, sistem pengereman ABS dan EBD, Keyless Entry untuk tipe E dan RS, Vehicle Stability Control untuk tipe E dan RS, serta Hill Start Assist untuk tipe RS.
(NDA)