Otomotif
·
10 Juni 2021 6:32
·
waktu baca 1 menit

Federal, Sepeda Jadul yang Kini Mulai Dilirik Masyarakat

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Federal, Sepeda Jadul yang Kini Mulai Dilirik Masyarakat (124973)
Ilustrasi Sepeda Federal foto:Instagram/sepedafederalcyclist
Sepeda Federal adalah sepeda pabrikan lokal yang populer pada era 90-an. Seoeda ini dulu mendunia hingga menggebrak pasar Eropa pada masanya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya pada tahun 1996, sepeda Federal berhenti produksi dikarenakan isu dumping.
Sekarang, sepeda Federal kembali dicari. Banyak orang berburu sepeda jadul ini hanya untuk sekadar berkendara bahkan hingga hanya untuk dikoleksi.
Federal, Sepeda Jadul yang Kini Mulai Dilirik Masyarakat (124974)
Ilustrasi Sepeda Federal foto:Instagram/sepedafederalcyclist
Sama seperti berburu kendaraan yang berstatus barang jadul, membeli sepeda Federal pun tak bisa dilakukan secara sembarangan.
Jika Anda sedang berburu Sepeda Federal pastikan untuk hati-hati dan teliti ketika melihat kondisinya. Sebab banyak penjual yang nakal mengganti sparepart sepeda jadul tersebut dengan yang palsu.

Tips Membeli Sepeda Federal

Untuk menghindari hal tersebut, dikutip dari KumparanOTO, ini tips yang perlu dipersiapkan untuk mengenali ciri-ciri sepeda Federal yang asli.

1. Faktor Build Quality

Sepeda Federal yang asli memiliki build quality yang bagus, mulai dari hasil las hingga cat yang rapi. Meski sudah tua, sepeda tersebut biasanya masih kokoh dan terlihat baik.
ADVERTISEMENT

2. Nomor Seri

Salah satu yang membuat sepeda Federal unik adalah dengan kehadiran tiga posisi nomor seri yang berbeda-beda tergantung tipenya.
Posisinya berada dibawah batang body sepeda, di sisi kiri bawah seat tube dekat front derailleur, dan di headtube bagian belakang.
Jadi, jika ingin membeli sepeda yang satu ini, pastikan nomor serinya sesuai dengan tempatnya.

3. Seat Stay dan Pipa Seat Tube

Seat stay juga bisa menentukan keaslian sepeda Federal. Sepeda asli biasanya memiliki seat stay yang ujungnya cenderung meruncing dan menempel ke seat tube dari samping.
Selain itu, Federal asli biasanya juga memiliki pipa seat tube bagian atas yang lubangnya dibuat meruncing.

4. Bracket

Federal asli biasanya memiliki bracket untuk memasang rear rack. Bracket tersebut terdapat di atas dudukan rem Cantilever brake/vbrake belakang.
ADVERTISEMENT

5. Decal

Sebagian decal Federal asli memiliki tulisan tertentu, yakni Cycle 2000 dan PT Federal Cycle Mustika.
Itulah beberapa ciri-ciri sepeda Federal yang masih asli. Semoga Anda tidak terkecoh oleh harga yang miring yang ditawarkan penjual dan lebih teliti melihat kondisinya.
Hal ini penting, agar Anda mendapatkan sepeda Federal yang memang benar-benar asli.
(HDZ)