Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Kondisi saat Menggunakannya

Konten dari Pengguna
26 Juli 2022 11:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
All New Honda HR-V varian SE. Foto: dok. Honda Prospect Motor
zoom-in-whitePerbesar
All New Honda HR-V varian SE. Foto: dok. Honda Prospect Motor
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Info otomotif yang mungkin perlu Anda ketahui adalah mengenai fungsi lampu tembak mobil. Lampu ini dapat ditemukan pada mobil dan memiliki fungsi khusus ketika digunakan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman Daihatsu, lampu mobil memiliki berbagai jenis dan fungsi. Penggunaannya memiliki peranan penting dan tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saat gelap. Penggunaan lampu mobil digunakan sebagai pemberi tanda maupun melakukan sorotan agar visibilitas pengemudi menjadi lebih baik.
Salah satu bentuk lampu mobil adalah lampu tembak. Lalu, apa fungsi lampu tembak mobil? Berikut ini adalah ulasannya.

Fungsi Lampu Tembak Mobil

Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Lampu tembak memiliki berbagai fungsi. Mengutip dari laman Suzuki, lampu tembak juga dikenal dengan high beam atau lampu jauh. Berikut ini adalah fungsi lampu tembak dikutip dari laman Suzuki.

1. Menerangi Jalan yang Gelap ketika Berkendara

Lampu tembak dapat digunakan sebagai penerangan jalan dalam kondisi yang gelap dan tidak memiliki lampu penerangan. Selain itu, lampu tembak juga dapat digunakan ketika jalanan sepi.
ADVERTISEMENT
Saat malam hari dan melewati jalanan sepi dan tidak ada penerangan, Anda tidak hanya mengandalkan lampu low beam saja. Anda perlu menggunakan lampu tembak agar visibilitas meningkat sehingga Anda dapat melihat jalanan menjadi lebih baik.
Lampu tembak akan mengurangi risiko kecelakaan karena tidak bisa melihat jalanan dengan jelas. Pastikan kondisi lampu tembak dalam keadaan normal dan baik sehingga dapat berfungsi ketika melewati jalanan gelap dan sepi.

2. Menerangi Jalan yang Berkabut

Lampu tembak dapat digunakan untuk menerangi jalanan yang berkabut. Kabut dapat mengganggu pandangan pengemudi karena visibilitas menjadi rendah. Selain itu, kabut juga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Kabut dapat membuat pengguna jalan tidak bisa melihat kendaraan hingga satu meter di depannya sehingga cukup membahayakan.
Lampu tembak akan memberikan penerangan yang cukup baik. Pandangan menjadi lebih baik dan kondisi jalanan yang berkabut akan menjadi lebih terlihat terutama objek di depan mobil seperti pohon, kendaraan lain hingga orang yang menyeberang.
ADVERTISEMENT

3. Menjadi Kode saat Menyalip dan berbelok

Fungsi lain dari lampu tembak adalah menjadi kode saat menyalip dan berbelok. Fungsi ini cukup krusial pada kendaraan.
Saat menyalip, lampu tembak perlu dinyalakan agar kendaraan di belakang dan di depan Anda tidak tiba-tiba ikut menyalip. Kode tersebut juga berguna agar kendaraan yang hendak disalip dapat mengurangi laju kendaraan atau menghindar.
Ketika hendak berbelok, Anda juga dapat menyalakan lampu tembak mobil sebagai pemberi tanda. Anda dapat menyalakan lampu tembak sebentar berbarengan dengan low beam. Hal ini akan memberikan tanda seperti kilatan cahaya yang cukup menyilaukan.
Kilatan cahaya ini menjadi tanda bahwa kendaraan akan menyeberangi jalan. Dengan menggunakan tanda ini, Anda akan memberi isyarat kepada pengemudi lain agar berhenti dan memberikan jalan bagi kendaraan Anda. Hal ini akan mengurangi risiko kecelakaan walaupun Anda telah menyalakan lampu sein.
ADVERTISEMENT
(RFN)