Fungsi Starter Mobil dan Komponen Utamanya

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 13:17
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fungsi Starter Mobil dan Komponen Utamanya (123545)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Memperbaiki dinamo dtarter mobil Foto: Dok. Istimewa
Fungsi starter mobil sangat penting. Starter atau dikenal dinamo starter mobil merupakan salah satu komponen pada mobil. Komponen ini sangat penting ketika hendak menyalakan mobil.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman Suzuki, dinamo starter atau motor starter mobil memiliki fungsi untuk memutar mesin kendaraan pertama kali saat hendak dinyalakan. Starter mobil berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel untuk menggerakkan atau menyalakan mesin mobil. Pergerakan mesin tersebut berasal dari perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
Dinamo starter dapat digunakan untuk pemutaran mesin saat pertama kali dihidupkan. Saat menghidupkan mesin mobil, Anda sebaiknya melakukan pemijakan pada pedal kopling. Hal ini diperlukan agar pengendara tidak lupa bahwa sebelum dilakukan starter mesin gigi perseneling harus dalam kondisi netral. Jika tidak dalam posisi netral, mobil akan dapat langsung berjalan saat dilakukan starter. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi pengemudi.

Komponen Utama Starter Mobil

Fungsi Starter Mobil dan Komponen Utamanya (123546)
zoom-in-whitePerbesar
Layout mesin BMW 330i M Sport Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparanOTO
Starter mobil memiliki berbagai komponen. Komponen-komponen tersebut memiliki cara kerja masing. Masing. Berikut ini adalah komponen utama dari starter mobil dikutip dari laman Daihatsu.
ADVERTISEMENT

1. Armature Coil

Menurut laman Daihatsu, komponen pertama yang penting pada bagian starter mobil adalah armature coil. Komponen ini memiliki fungsi sebagai konduktor yang nantinya dialiri oleh arus listrik. Komponen ini memiliki bentuk silinder. Armature coil dibuat menggunakan bahan besi dan berbalut lilitan tembaga. Dengan adanya komposisi bahan tersebut, daya antar listrik dari armature coil sangatlah baik.
Komponen komutator diletakkan pada bagian ujung armature coil. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penerima arus listrik dari baterai yang akan disalurkan menuju armature coil. Nantinya, komutator akan membagikan arus listrik agar bisa berlangsung secara bolak-balik

2. Brush atau Sikat

Komponen selanjutnya yang penting pada bagian starter mobil adalah komponen bernama brush atau sikat. Mengutip dari laman Daihatsu, komponen ini dibuat dari bahan tembaga. Komponen brush memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik menuju komutator.
ADVERTISEMENT
Pada rangkaian armature coil, komutator nantinya akan ikut berputar saat poros dari armature coil berputar. Nantinya, brush akan mengalirkan listrik ke komponen komutator yang sedang berputar. Brush terbuat dari bahan tembaga lunak sehingga gaya gesek yang dihasilkan lebih kecil. Tetapi, komponen brush akan lebih sering mengalami keausan sehingga kondisinya perlu diperhatikan dan dilakukan perawatan secara rutin.

3. Pinion Gear dan Drive Lever

Komponen selanjutnya yang penting adalah pinion gear dan drive lever. Dilansir dari laman Daihatsu, komponen pinion gear merupakan komponen yang berkaitan erat dengan armature coil yang berada di ujung armature shaft. Komponen ini berfungsi sebagai roda gigi yang akan meneruskan putaran armature shaft menuju flywheel. Pinion gear memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga mampu mereduksi putaran dari amature shaft untuk menghasilkan momen yang lebih besar.
ADVERTISEMENT
Selain pinion gear, komponen lainnya yang penting adalah drive lever. Komponen ini sering disebut plunger. Drive lever memiliki bentuk seperti tuas yang berfungsi untuk menggerakkan pinion gear agar terkait dengan flywheel. Drive lever juga berfungsi untuk melepaskan keterkaitan tersebut saat motor starter berhenti berputar.

4. Starter Clutch

Komponen utama lainnya yang penting adalah starter clutch. Mengutip dari laman Daihatsu, komponen ini berfungsi untuk mengalirkan arus utama dari baterai langsung menuju motor starter. Komponen ini akan aktif ketika kunci kontak berada di posisi “ST” atau “Start”.
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020