Fungsi Thermostat Motor, Penting Agar Mesin Tidak Overheat

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 13:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fungsi Thermostat Motor, Penting Agar Mesin Tidak Overheat (479600)
zoom-in-whitePerbesar
Thermostat Honda CBR 250RR K64J. Foto: Honda Cengkareng Motor
Fungsi thermostat motor tentunya sangat penting pada mesin motor. Komponen thermostat merupakan bagian penting dari motor. Banyak motor menggunakan radiator, sehingga terdapat thermostat di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Thermostat merupakan bagian penting dari sistem pendingin pada motor. Dilansir dari laman Fortuna Motor, sistem pendingin pada motor adalah sistem yang berfungsi untuk mengatur suhu agar tidak terlalu panas pada silinder, piston dan katup motor.
Keberadaan sistem pendingin sangat penting untuk mencegah perubahan bentuk atau pembakaran bahan bakar yang abnormal. Temperatur yang tinggi pada mesin dapat didinginkan dengan sistem pendingin sehingga mesin terhindar dari overheat.
Lalu, apa fungsi thermostat motor dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah ulasannya.

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat

Fungsi Thermostat Motor, Penting Agar Mesin Tidak Overheat (479601)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengganti air radiator sepeda motor. Foto: dok. Istimewa
Dikutip dari laman mobil123.com, thermostat adalah salah satu jenis komponen mesin yang termasuk dalam sistem pendingin. Fungsi dari thermostat adalah untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin motor. Sebagai sistem pendingin, thermostat mampu mencegah overheat karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.
ADVERTISEMENT
Thermostat memiliki cara kerja dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendingin kendaraan. Pertama, water pump akan memompa cairan pendingin agar mengarah ke mesin. Setelah dipompa, cairan pendingin akan melalui water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin. Cairan pendingin tersebut akan membuat suhu panas pada mesin keluar melalui selang hingga masuk pada radiator.
Jika suhu pada mesin mencapai 85 hingga 90 derajat celsius, katup thermostat akan terbuka. Jika suhu sudah mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu dikendalikan.
Thermostat memiliki ukuran yang kecil. Namun, thermostat mampu memberikan dampak yang cukup besar pada kendaraan. Hal ini menyebabkan komponen thermostat sangat penting bagi mesin motor dan akan menyebabkan dampak yang cukup besar apabila dilepas dari mesin. Dilansir dari laman Visor Down, thermostat yang mengalami kerusakan akan menyebabkan permasalahan seperti overheat pada mesin.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Overheating pada Mesin Motor

Dilansir dari laman Suzuki, overheat adalah kondisi ketika mesin motor atau mobil mengalami panas yang berlebih. Hal ini dapat terjadi pada kendaraan yang tidak rutin dirawat serta penanganan kerusakan yang tidak tepat. Kerusakan thermostat juga dapat menyebabkan terjadinya overheat. Mesin juga dapat mengalami overheating jika motor digunakan terus menerus tanpa jeda dengan durasi yang panjang.
Anda dapat mengatasi overheating pada mesin motor ketika digunakan. Dilansir dari Suzuki, mesin motor yang mengalami overheating biasanya akan mati secara tiba-tiba. Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mematikan mesin motor dengan memutar starternya agar off. Selanjutnya, Anda dapat menepikan motor agar tidak mengganggu pengendara lainnya.
Anda harus menunggu mesin motor menjadi dingin jika ingin menyalakan kembali mesin motor. Hal ini membutuhkan waktu yang agak lama tergantung kondisi motor.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020