Ganti Kampas Rem Motor Berapa Km? Ini Waktu yang Ideal

Konten dari Pengguna
26 Maret 2024 16:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kampas rem motor. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kampas rem motor. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perawatan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan adalah penggantian kampas rem motor. Komponen ini berfungsi untuk memberikan pengendara kendali penuh atas motornya sehingga menjaga rem dalam kondisi baik.
ADVERTISEMENT
Pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan kondisi kampas rem motor. Namun, hal tersebut sulit dilakukan apabila tidak mengetahui kapan harus menggantinya.
Ada beberapa indikator yang digunakan untuk menentukan kampas rem motor perlu diganti. Salah satunya adalah jarak tempuh sepeda motor.
Lantas ganti kampas rem motor berapa km? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Ganti Kampas Rem Motor Berapa Km?

Kampas rem yang masih tebal Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kampas rem motor menjadi komponen yang perlu diganti secara berkala. Biasanya cara mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem motor adalah dengan memperhatikan jarak tempuh.
Secara umum, jarak tempuh yang ideal untuk mengganti kampas rem motor apabila telah menempuh jarak sejauh sejauh 20.000 mil atau sekitar 32.000 km.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dapat tergantung dengan cara berkendara dan kondisi medan yang dilalui. Kendati demikian, jarak bukan menjadi satu-satunya tanda yang dapat dijadikan acuan dalam mengganti kampas rem motor.
Pemilik kendaraan bermotor dapat memperhatikan tanda-tanda fisik pada kampas rem motor untuk menentukan apakah kampas rem motor perlu diganti.
Adapun salah satu caranya dengan memeriksa indikator keausan. Pemilik kendaraan dapat mengecek permukaan kampas rem motor untuk melihat berapa banyak sisa area yang dapat digunakan.
Mengutip dari buku Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor SMK/MAK Kelas XII. Program Keahlian Teknik Otomotif (2021) karya Z. Furqon, S.T dan Drs. Joko Pramono, jika ketebalan kampas rem kurang dari 2,0 mm maka sebaiknya pemilik motor segera mengganti kampas rem.
ADVERTISEMENT

Tanda-tanda Kampas Rem Motor Perlu Diganti

Rem belakang Kawasaki KLX menggunakan disc brake dengan kaliper satu piston. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tanda kampas rem motor perlu diganti.

1. Terdengar Suara Aneh saat Mengerem

Apabila mendengar suara aneh atau berdecit saat mengerem, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas rem motor perlu diganti.
Suara tersebut biasanya muncul ketika rem sudah kotor atau basah. Dalam beberapa kasus, suara tersebut akan hilang apabila rem sudah kering atau dibersihkan.

2. Batas Aus Kampas Rem

Tanda berikutnya yang bisa diketahui adalah melalui indikator keausan kampas rem. Hal ini dilakukan dengan cara memeriksa lubang yang membentuk garis di dinding kampas.
Jika lubang garis mulai menipis atau sudah tidak terlihat, maka ini adalah saatnya kampas rem motor perlu diganti.
ADVERTISEMENT

3. Minyak Rem Berkurang

Minyak rem atau cairan rem berfungsi untuk menghantarkan sistem hidrolik untuk mendorong kampas rem yang akan menjepit cakram. Adanya gesekan yang terjadi antara kampas rem dan cakram akan menghasilkan panas yang kemudian diredam oleh minyak rem.
Apabila kampas rem mulai aus biasanya akan memerlukan lebih banyak minyak rem. Hal ini dapat menyebabkan sistem pengereman menjadi kurang maksimal.
(SA)