Istilah Anak Motor: Sunmori, Kopdar, hingga Rolling

Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 16:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Istilah Anak Motor: Sunmori, Kopdar, hingga Rolling (59980)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Motor di Jalanan. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Istilah anak motor biasanya dapat ditemukan dalam pergaulan sehari-hari. Bagi pecinta otomotif khususnya pemula, kamu harus tahu beberapa istilah-istilah yang sering digunakan di komunitasmu.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Daya Auto, anggota-anggota komunitas motor biasanya mengucapkan beberapa istilah yang berkaitan dengan dunia motor. Istilah-istilah tersebut biasanya bersifat unik.
Tentunya, istilah unik ini digunakan agar kesan bikers lebih terasa kental. Setiap komunitas, memiliki beberapa istilah tertentu untuk mendeskripsikan suatu kegiatan atau makna tertentu dalam dunia motor.
Lalu, apa saja istilah anak motor yang perlu diketahui pemula? Berikut ini ulasannya.

Istilah-istilah Anak Motor

Istilah anak motor sangatlah beragam. Berikut ini adalah beberapa istilah yang berhasil dirangkum penulis dalam dunia bikers:
1. Sunmori
Dilansir dari Daya Auto, sunmori adalah istilah yang sangat terkenal di kalangan pecinta motor. Sunmori memiliki arti “Sunday Morning Ride”. Istilah ini mendeskripsikan kegiatan berkendara yang dilakukan pada hari Minggu pagi. Kegiatan berkendara tersebut bisa dilakukan dengan jumlah orang yang banyak maupun sedikit
ADVERTISEMENT
2. Satmori
Dilansir dari Motorplus, satmori adalah istilah untuk mendeskripsikan kegiatan berkendara di hari Sabtu Pagi. Satmori merupakan singkatan dari “Saturday Morning Ride”. Kegiatan berkendara tersebut bisa dilakukan dengan jumlah orang yang banyak maupun sedikit
3. Nightride
Dilansir dari Daya Auto, nightride adalah kegiatan berkendara di malam hari. Kegiatan berkendara di malam hari ini biasanya dilakukan dengan berkeliling atau menuju destinasi tertentu.
4. Tikum
Sebelum melakukan kegiatan riding, biasanya anggota komunitas akan saling berkomunikasi untuk menentukan titik temu. Dilansir dari Auto Daya, tikum adalah istilah untuk mendeskripsikan titik tersebut. Tikum merupakan singkatan dari “titik kumpul”. Titik perkumpulan biasanya berada di lokasi SPBU, bengkel favorit, hingga kafe.
5. Kopdar
Dilansir dari kumparanOTO, kopdar adalah istilah untuk kegiatan perkumpulan sesama anggota komunitas, klub maupun forum otomotif. Kopdar merupakan singkatan dari “kopi darat” kegiatan yang dilakukan biasanya berupa perkenalan anggota, diskusi komunitas hingga mengobrol antar anggota.
ADVERTISEMENT
6. Rolling
Dilansir dari laman kumparanOTO, rolling adalah kegiatan yang dilakukan setelah selesai melaksanakan kopdar. Rolling adalah istilah untuk kegiatan mengelilingi suatu wilayah tertentu. Wilayah yang dikelilingi biasanya tak terlalu jauh yakni berada di sekitaran wilayah kopdar.
7. Tourjib dan Tourgab
Dalam dunia komunitas pecinta motor, touring adalah salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan. Anggota komunitas biasanya akan memiliki agenda tourjib ataupun tourgab.
Dilansir dari kumparanOTO, tourjib adalah istilah untuk “touring wajib". Kegiatan touring ini wajib dilaksanakan seluruh anggota komunitas. Kegiatan touring ini biasanya memiliki tujuan yang sangat jauh bahkan bisa lintas pulau.
Sedangkan, tourgab adalah istilah untuk “touring gabungan”. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan perwakilan dari komunitas lain. Biasanya, kegiatan ini dilakukan untuk menghadiri suatu acara-acara di daerah-daerah.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020