Konten dari Pengguna

Jalur Kiprok Grand: Pengertian dan Penjelasan Lengkap 4 Kabelnya

22 September 2021 7:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kiprok (Foto: Autoexpose.org)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kiprok (Foto: Autoexpose.org)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jalur kiprok Grand adalah salah satu komponen penting dalam suatu motor salah satunya pada Honda Grand. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa saja yang ada komponen tersebut.
ADVERTISEMENT
Fungsi dari kiprok ini adalah mengatur arus listrik dari aki. Ada banyak jenis kendaraan yang memiliki tipe yang sama dikeluarkan oleh Honda. Sebagai contohnya kiprok pada Honda Grand memiliki jalur yang serupa dengan Honda Supra yang lama.
Honda Grand sendiri dibuat pada tahun 90an. Tentu saja beberapa part pada motor ini sudah tidak dibuat kembali. Jikalau ada, harganya akan fantastis.
Bagian kabel yang putus atau sudah rapuh merupakan elemen motor yang sering rusak pada komponen kiprok. Sayangnya, proses penggantian tidak bisa dilakukan di seluruh kabel. Karena setiap warna pada kabel memiliki maknan atau peran masing-masing. Sebagai contoh, jalur ke spul atau jalur ke accu motor.

Peranan Kiprok

Dikutip dari Sekolahkami, kiprok motor ialah komponen kelistikan yang ada dalam satu motor, kiprok memiliki beberapa komponen dan masing-masing memiliki peran berbeda. Komponen dari kiprok di antaranya dioda.
ADVERTISEMENT
Komponen dioda adalah satu komponen elektronika yang terbagi dalam 2 kutub yang berperan menyearahkan arus kelistrikan.
Peran dari kiprok ialah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sampai arus listrik yang bakal keluar masih stabil dan umumnya bertegangan 12 V. Selain itu kiprok motor memiliki peran sebagai penyearah arus listrik,sampai arus listrik yang dari spull ialah arus bolak balik (AC).
Sedang untuk arus yang dibutuhkan dalam satu motor ialah DC (Direct Current), nach berikut kiprok mulai bekeja yang mana menyearahkan arus listrik dari spull.

Jalur Kiprok Honda Grand

Jalur Kiprok Honda Grand (Foto: Jalur Kiprok Honda Grand
Jalur kiprok pada honda grand mempunyai peran yang penting yang jarang diketahui oleh orang-orang.
tiap kabel pada kiprok honda grand. Pada pemasaran sparepart umumnya jalur kiprok ini menjadi satu dengan kiproknya hingga jarang-jarang diketemukan jalur yang dipasarkan terpisah dengan kiprok.
ADVERTISEMENT
Sudah pasti jika dilaksanakan pergantian satu set dengan kiprok membutuhkan ongkos yang lumayan mahal. Karena itu beberapa mekanik banyak yang coba mengakali dengan mengganti kabel lama yang baru. Karena itu Anda harus dipahami peranan atau jalur tiap kabel kiprok pada Honda Grand yaitu:
1. Kabel Warna Merah
Kabel warna merah pada jalur kiprok ialah kabel positif dari aki dan biasanya lewat fuse atau sekring 10 amper dan sebagainya masuk di kiprok. Sedang untuk faedahnya sendiri salurkan arus listrik pengisian dari spull dan diubah tegangannya dan dilanjutkan ke aki oleh kiprok.
2. Kabel Warna Hijau
Di samping itu pada jalur kiprok Grand ada kabel warna hijau yang berperan untuk kabel jalur warna hijau. Umumnya kabel warna hijau ini ialah ground (Negatif) dalam kata lain kabel warna hijau tidak salurkan urus listrik.
ADVERTISEMENT
3. Kabel Warna Kuning
Selanjutnya jalur kiprok pada honda ada kabel warna kuning yang umumnya jalur kabel yang dari spull untuk penerangan lampu khusus yang awalannya lewat kiprok dan langsung ke sakelar lampu. Saat lampu berpijar, untuk tegangan yang masuk di lampu biasanya 12 V sampai 14 V.
4. Kabel Warna Putih
Jalur kiprok grand yang paling akhir yakni ada kabel warna putih. Jalur kabel ini ialah penyalur arus pengisian dari spull yang masuk di kiprok, sedang arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5 V. Bila melalui angka 14,5 V, kesempatan yang berjalan aki akan meledak karena melalui kekuatan.
(HDZ)