Otomotif
·
30 Juli 2021 8:40
·
waktu baca 2 menit

Jenis APAR untuk Mobil dan Cara Menggunakannya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Jenis APAR untuk Mobil dan Cara Menggunakannya (904752)
searchPerbesar
Ilustrasi APAR di bawah jok mobil. Foto: Dok. Istimewa
Tahukah Anda kepanjangan dari APAR? APAR adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. Sesuai namanya, fungsi APAR adalah untuk memadamkan api dalam skala kecil atau jika terjadi kebakaran yang ringan atau api kecil di dalam sebuah gedung.
ADVERTISEMENT
Namun, APAR tidak hanya ada di dalam gedung-gedung saja. Sebagian pemilik mobil bahkan sengaja menyiapkan APAR di dalam mobilnya.
Hal ini sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Pemerintah melalui Dirjen Perhubungan tentang ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil.
Regulasi ini mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada tanggal 18 Februari 2020.
Anda yang belum memiliki APAR, sangat disarankan untuk menyediakan alat ini di mobil. Lalu, bagaimana cara menggunakan APAR jika suatu waktu terjadi kebakaran pada mobil?

Cara Menggunakan APAR yang Benar

Dikutip dari halaman resmi damkar.bandaacehkota.go.id ada beberapa cara untuk menggunakan APAR yang benar ini. Berikut kami sajikan.
ADVERTISEMENT
  1. Tarik/lepas pin pengunci tuas APAR/Tabung Pemadam.
  2. Arahkan selang ke titik pusat api.
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR / Tabung Pemadam.
  4. Sapukan secara merata sampai api padam.
Jenis APAR untuk Mobil dan Cara Menggunakannya (904753)
searchPerbesar
Apar pada mobil Foto: Pixabay

Cara Memasang APAR di Mobil

Selain cara penggunaannya, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui cara memasang APAR di dalam mobil. Dikutip dari daihatsu.co.id, berikut rekomendasi dan cara memasang APAR yang benar di dalam mobil.
1. Pemilihan Jenis APAR
Hal pertama yang wajib diketahui oleh pemilik mobil adalah pemilihan jenis APAR. Pastikan Anda menggunakan jenis APAR Powder.
Jenis yang satu ini disebut mampu meredam kebakaran pada mobil yang lazim disebabkan oleh zat cair, misalnya oli dan bensin. Secara teknis, APAR powder terbuat dari kombinasi dua macam serbuk kimia, yaitu amonium sulfate dan mono amonium.
ADVERTISEMENT
2. Perhatikan Ukuran APAR
Faktor berikutnya adalah ukuran APAR. Disarankan untuk memilih APAR Powder dengan ukuran 1 kg. Selain kecil dan ringan, APAR ini bisa disimpan tanpa harus mengkhawatirkan ukuran kabin mobil.
3. Tempat penyimpanan
Mengingat ruang kabin mobil tidak terlalu luas, letakkan APAR di tempat yang terjangkau, misalnya di bawah jok kemudi mobil. Selain itu, atur posisinya dengan baik. Disarankan APAR berada dalam posisi horizontal dan gunakan bracket agar tidak mudah terguncang. Pilihan lainnya, APAR bisa disimpan di bagasi mobil.
Apa itu APAR?
chevron-down
APAR jenis apa yang sebaiknya dipasang di mobil?
chevron-down
Berapa besar ukuran APAR yang disarankan dipasang di mobil?
chevron-down
(HDZ)