Jenis Solar Pertamina Ada Apa saja? Ini Jawabannya

Konten dari Pengguna
2 Januari 2023 8:13
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis Solar Pertamina. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/ kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Solar Pertamina. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/ kumparan
Masyarakat Indonesia kerap menyebut bahan bakar mesin diesel sebagai Solar. Bagi yang memiliki mobil diesel dan ingin memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan, ini informasi mengenai jenis Solar Pertamina.
Dikutip dari laman resminya, Solar di Pertamina secara garis besar dibagi menjadi tiga jenis, yakni Solar (kini BioSolar), Dexlite, dan Pertamina Dex. Ketiga jenis solar ini memiliki kualitas berbeda yang perlu disesuaikan dengan kendaraan.
Seperti yang diketahui, kuantitas kendaraan diesel di Indonesia lebih banyak ditemukan pada kendaraan komersial layaknya bus dan truk. Namun, hal ini tidak menutup minat masyarakat dalam menggaet mobil penumpang dengan mesin diesel.
Mesin diesel digadang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil dengan mesin bensin. Adapun keunggulan ini mulai dari torsi yang berlimpah, memiliki efisiensi bahan bakar yang baik, tangguh, dan tentunya hemat.
Bagi yang memiliki maupun yang hendak memiliki mobil dengan mesin diesel, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja bahan bakar yang bisa digunakan oleh kendaraan tersebut. Ini daftarnya untuk SPBU Pertamina.

Jenis Solar Pertamina

Jenis Solar Pertamina. Foto: dok. Pertamina
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Solar Pertamina. Foto: dok. Pertamina
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis Solar Pertamina dibagi menjadi tiga jenis, yakni BioSolar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Ketiga jenis solar ini memiliki kualitas berbeda yang ditentukan dari besaran Cetane Number (CN).
Bagi yang belum tahu, Cetane Number adalah angka yang menunjukkan kualitas bahan bakar diesel. Semakin tinggi Cetane Number pada bahan bakar Diesel, akan semakin tinggi pula kualitas bahan bakarnya.
Cetane Number ini dapat dikatakan sebagai penanda bahan bakar akan lebih cepat menyala. Begitupun sebaliknya, Cetane Number yang rendah membuat mesin berjalan lebih lambat dan memiliki hasil gas buang (emisi) yang lebih tinggi.
Lantas, berapa besaran Cetane Number pada bahan bakar diesel di Pertamina? Ini daftarnya dikutip dari laman resminya:
  1. BioSolar: BioSolar memiliki Cetane Number 48 dengan kandungan sulfur 2500 ppm. Jenis bahan bakar ini biasanya digunakan untuk kendaraan diesel lawas. Dibandingkan jenis lainnya, BioSolar memiliki CN yang paling rendah.
  2. Dexlite: Dexlite merupakan bahan bakar diesel terbaru dari pertamina yang memiliki Cetane Number 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm. Ini cocok untuk kendaraan yang ingin memiliki tenaga tambahan.
  3. Pertamina Dex: Pertamina Dex memiliki Cetane Number paling tinggi di antara yang lainnya dengan CN 53 dan mengandung sulfur kurang dari 300 ppm. Ini cocok untuk kendaraan Diesel dengan teknologi modern.
Adapun harga Solar Pertamina per Desember 2022 adalah sebagai berikut:
  • BioSolar: Rp 6.800
  • Dexlite: Rp 18.300
  • Pertamina Dex: 18.800
Itulah informasi seputar jenis Solar Pertamina yang bisa Anda pilih. Perlu diingatkan, isilah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Semoga bermanfaat. (AA)
Apa saja keunggulan mobil diesel?
chevron-down
Apa itu Cetane Number?
chevron-down
Berapa harga Solar Pertamina?
chevron-down