Jurusan Otomotif SMK dan Prospek Kerjanya

Konten dari Pengguna
4 Januari 2022 17:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Denpasar mengikuti belajar praktik tatap muka pada masa pandemi COVID-19 di Denpasar, Bali. Foto: Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Prospek kerja bagi jurusan otomotif SMK menjadi pertanyaan bagi para siswa yang kini tengah berada di tingkat akhir. Pertanyaan ini biasanya muncul lantaran para siswa SMK masih bingung akan menjadi apa setelah lulus sekolah nanti.
ADVERTISEMENT
Seperti namanya, jurusan otomotif SMK mempelajari berbagai hal terkait otomotif, seperti mobil, sepeda motor, truk, dan kendaraan bermotor lainnya. Selain itu, jurusan ini juga mengasah keterampilan dan kreativitas juga, seperti membuat kendaraan bermotor atau penemuan lainnya.
Dikutip dari laman resmi SMK Ikhlas Jawilan, jurusan otomotif adalah sebuah jurusan ilmu yang memperlajari tentang teknik otomotif dan bagaimana prosedur cara membuatnya. Jurusan otomotif yang paling banyak diminati adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.
Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif ini memiliki tujuan mengetahui keterampilan, pengetahuan, dan sikap pada dunia otomotif. Lantas bagaimana prospek kerjanya lulusan jurusan otomotif SMK? Berikut ini di antaranya.
Ilustrasi memperbaiki mobil (Foto: Pixabay)

Prospek Kerja Jurusan Otomotif SMK

Lulusan jurusan otomotif SMK tidak melulu harus bekerja di bengkel. Para lulusan bisa mengembangkan sayap di bidang lain yang masih satu jurusan dengan ilmu tersebut, di antaranya:
ADVERTISEMENT
1. Teknisi Otomotif
Yang pertama, tentu kerja ini sangat banyak yang digeluti oleh para lulusan jurusan otomotif. Anda bisa menjadi pegawai bengkel otomotif terentu misalnya. Atau mungkin Anda membuka usaha bengkel dan menjadi teknisinya.
2. Marketing Produk otomotif
Menjadi marketing produk otomotif bisa menjadi prospek kerja yang menarik bagi para lulusan jurusan otomotif SMK. Tugasnya menawarkan beberapa produk otomotif atau membuat ide-ide mengenai pengiklanan produk otomotif tersebut.
3. Perancang dan teknisi Mesin
Lulusan jurusan otomotif SMK juga bisa menjadi perancang dan teknisi mesin. Tugasnya yaitu merancang sebuah desain atau pengembangan dari si produk otomotif ini.
4. Modifikator
Sama halnya dengan kerja di bengkel, profesi ini juga memerlukan keahlian khusus bahkan melebihi mekanik bengkel. Hal Ini karena seorang modifikator harus mengetahui beberapa settingan standar suatu kendaraan tanpa mensugesti kinerja sistem lain di kendaraan dan tidak terjadi "malpraktek"
ADVERTISEMENT
5. Jurnalis (Reporter Otomotif)
Anda yang suka menulis, sekaligus hobi otomotif bisa memilih profesi ini setelah lulus nanti.
(HDZ)