Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio, Catat Sebelum Membeli

Konten dari Pengguna
14 Maret 2023 16:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
zoom-in-whitePerbesar
Kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio bisa membantu Anda dalam menghemat waktu “inspeksi” mobilnya. Bagi yang tertarik menggaet mobilnya dalam waktu dekat ini, berikut kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui sebelum membeli.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanOTO, Honda Mobilio dulunya sempat menjadi kompetitor tangguh di pasar low MPV Indonesia. Sayangnya, mobil milik PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut tidak mampu bersaing dengan kompetitor lainnya yang selalu menghadirkan penyegaran.
Seperti yang diketahui, Honda Mobilio pertama kali debut di Indonesia pada tahun 2013/2014. Ini merupakan bentuk generasi kedua dari mobilnya yang dibangun khusus dari platform Honda Brio.
Meskipun kini mobilnya sudah kehilangan “pamornya”, namun hal ini tidak menutup semangat beberapa pecinta otomotif dalam menggaet mobilnya. Maka dari itu, ini beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio yang wajib diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Karena Honda Mobilio bergelut di pasar low MPV, maka mobil ini bersaing dengan Toyota Avanza, Veloz, sampai Xpander. Oleh karenanya, mengetahui kelebihan dan kekurangan mobilnya dapat membantu Anda dalam menilai apakah Honda Mobilio lebih baik dibandingkan kompetitornya.
ADVERTISEMENT
Bagi yang sudah penasaran apa saja yang menjadi keistimewaan maupun kekurangan dari Honda Mobilio, berikut ulasannya:

1. Kelebihan Honda Mobilio

Kelebihan Honda Mobilio yang pertama adalah desain dan dimensinya yang sangat ramah sebagai “mobil keluarga”. Mengusung tampilan dari platform Brio, Honda berhasil menjadikan Mobilio sebagai mobil keluarga yang modern dan tergolong terjangkau.
Memiliki kabin dan bagasi yang luas, mobil ini akan sangat cocok bagi yang sering bepergian dengan keluarga. Bahkan, Honda Mobilio digadang sebagai mobil dengan bagasi paling luas di kelasnya, bahkan lebih luas dibandingkan Kijang Innova.
Selain itu, mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang memiliki sistem kendali yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini juga digadang lebih baik dibandingkan mobil lainnya di kelasnya.
ADVERTISEMENT
Mobilio juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit karena menggunakan suplai bahan bakar berjenis PGM FI. Tenang saja, penyematan fitur ini sudah ada dalam enam varian Honda Mobilio yang dipasarkan PT AHM.
Menyoal jantung mekanisnya, performa mesin Honda Mobilio juga lebih modern dengan mesin 1.500 cc L15Z1 yang mampu menghembuskan tenaga sampai 118 dk, hanya 2 dk lebih rendah dibandingkan Honda Jazz.

2. Kekurangan Honda Mobilio

Menyoal kekurangannya, salah satu hal yang paling disorot pada mobil ini adalah kualitas pengerjaan yang sering dikatakan kurang berkualitas, mulai dari bodi, dasbor, engine bay, sampai sambungan bodi. Hal ini menimbulkan citra buruk terhadap mobilnya.
Meskipun tajuknya mobil keluarga, desain dan kualitas interiornya sering dikatakan kurang menarik. Bahkan, kabinnya banyak yang mengatakan tidak terlalu bagus dalam menyaring suara, alias tidak kedap suara.
ADVERTISEMENT
Masih menyinggung kenyamanan, Honda Mobilio juga memiliki suspensi yang tidak begitu nyaman layaknya mobil-mobil di kelasnya. Apabila melewati jalan yang berlubang, maka lebih baik Anda membawanya secara perlahan.
Kekurangan terakhir pada mobil ini terletak pada bagian transmisi CVT-nya, yakni sering dikeluhkan tidak mampu menyalurkan tenaga mesin yang sebenarnya, terutama pada kecepatan sedang maupun kecepatan sangat cepat.
Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Bagaimana, apakah kelebihan dan kekurangan di atas membuat Anda tidak mau menggaet mobilnya atau sebaliknya? Tulis di kolom komentar.
(AA)