Otomotif
·
3 Agustus 2021 12:00
·
waktu baca 2 menit

Kelebihan Toyota Starlet, Mobil Retro Banyak Peminat

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Kelebihan Toyota Starlet, Mobil Retro Banyak Peminat (522943)
searchPerbesar
Modifikasi Toyota Starlet GI Foto: Muhammad Ikbal
Jika berbicara mengenai mobil retro, pasti tidak luput dengan kehadiran Toyota Starlet dalam dunia otomotif. Hingga sekarang, mobil ini masih memiliki penggemar yang cukup banyak. Beruntung bagi Anda yang masih mempunyai mobil tersebut karena memiliki beberapa kelebihan.
ADVERTISEMENT
Alasan mobil ini masih banyak dicari karena bentuknya yang masih terlihat menawan dan tidak lekang oleh zaman, serta mudah dalam perawatannya. Jika Anda ingin berburu mobil ini, kenali dulu spesifikasinya secara lengkap.

Spesifikasi Toyota Starlet

Toyota Starlet pertama kali masuk di pasar Indonesia pada tahun 1985. Seri pertama yang dijual di Indonesia adalah seri EP70. Seri ini biasa disebut dengan julukan Starlet "kotak" karena bentuk bodi mobil ini terlihat hampir kota sempurna.
Kelebihan Toyota Starlet, Mobil Retro Banyak Peminat (522944)
searchPerbesar
Toyota Starlet Kotak. Foto: dok. wikimedia
Untuk Starlet seri EP70 ini memiliki mesin 1E-C SOHC 4 silinder berkapasitas 1.000 cc dengan tenaga tertinggi 55 Hp serta torsi sebesar 102 Nm. Selang satu tahun kemunculan Starlet EP70, Toyota mengembangkan produknya dan merilis Starlet dengan pembaruan yaitu seri EP71. Pada seri ini, ia memiliki mesin 2E-C SOHC 4 silinder berkapasitas 1.300 cc yang menghasilkan tenaga 65 Hp serta torsi 98 Nm.
ADVERTISEMENT
Dari kedua seri tersebut, dibagi menjadi dua tipe yang membedakan fitur dan spesifikasinya yaitu XL dan SE. Untuk tipe XL dengan mesin 1 E 1.000 cc yang tidak memiliki tachometer untuk melihat RPM. Toyota Starlet untuk tipe XL juga memiliki mesin yang berkapasitas 1.300 cc. Sebaliknya, untuk tipe Toyota Starlet EP70 SE dibekali mesin 2E 1.300cc. Berbeda dengan tipe di bawahnya, SE 1.3 telah dilengkapi dengan tachometer.
Fitur Toyota Starlet
Jika dibandingkan dengan mobil zaman sekarang, fitur yang dimiliki Toyota Starlet cukup sederhana. Untuk kaca jendela masih menggunakan sistem engkol dan setir kemudi belum dilengkapi dengan power steering. Fitur kelistrikannya pun masih minim seperti mobil retro pada umumnya. Jadi, jangan berharap jika ingin mengincar mobil ini untuk mendapatkan sistem kelistrikan yang lengkap.
ADVERTISEMENT
Jika Anda sudah tahu mengenai spesifikasi dan fitur yang ada pada Toyota Starlet, setelah ini Anda akan mengetahui mengenai kelebihan dari mobil ini.
Kelebihan Toyota Starlet
Mobil ini mempunyai beberapa kelebihan yang cukup banyak untuk dimiliki. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil ini cukup mudah dalam perawatannya. Anda tidak perlu cemas mengenai biaya yang dikeluarkan untuk mobil ini. Tak hanya perawatan, Toyota Starlet ini bisa dibilang cukup irit dalam bahan bakarnya. Lalu untuk desain bodi dari mobil ini terlihat vintage untuk zaman sekarang.
Dilansir dari video di kanal Youtube Starlet Medan, berikut 6 kelebihan yang ada di mobil Toyota Starlet:
  • Desain yang tidak ketinggalan zaman
  • Harga jual tetap stabil
  • Spare part mudah ditemukan
  • Biaya perawatan sangat murah
  • Irit bahan bakar
  • Sangat keren untuk mobil modifikasi
ADVERTISEMENT
Itulah ulasan mengenai mobil Toyota Starlet.
(FOV)