Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Ini 5 Penyebabnya

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 15:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi penyebab knalpot mobil keluar asap putih. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penyebab knalpot mobil keluar asap putih. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Knalpot mobil mengeluarkan asap tipis putih merupakan hal yang biasa terjadi. Umumnya ia akan hilang dengan sendirinya ketika kondisi mobil sudah panas.
ADVERTISEMENT
Namun jika asap yang keluar adalah tebal dan terus menerus, maka tanda tersebut bisa mengindikasikan kerusakan pada bagian dalam mesin. Apabila dibiarkan, mobil akan mengalami risiko kerusakan yang lebih serius.
Untuk menghindarinya, penting bagi pengguna mobil memahami berbagai akar penyebab asap putih dari knalpot. Simak rangkumannya berikut ini.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Ilustrasi penyebab knalpot mobil keluar asap putih. Foto: Pexels
Terdapat beberapa hal yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Merangkum dari laman Car From Japan, berikut penjelasan dari masing-masing faktor yang mempengaruhinya.

1. Adanya Kondensasi

Munculnya asap putih dari knalpot umumnya terjadi karena proses kondensasi akibat suhu yang dingin. Kondisi ini menyebabkan pembakaran di dalam mesin jadi kurang sempurna karena suhu kerja belum tercapai.
Campuran gas bahan bakar-udara di pipa knalpot mengalami kondensasi. Saat mobil dinyalakan dan mesin memanas, akhirnya mengubah cairan tersebut menjadi uap.
ADVERTISEMENT

2. Oli Bocor ke Ruang Bakar

Kebocoran oli di ruang bakar mesin juga bisa menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Biasanya dapat terjadi karena paking dan seal yang rusak.
Penyebab lainnya juga bisa karena perawatan mobil yang tidak diperhatikan, terutama penggantian oli yang tak teratur.
Ketika oli bocor ke ruang bakar, oli tersebut bercampur dengan bahan bakar dan udara yang dinyalakan dan ikut terhembus keluar dari knalpot. Hasilnya akan mengeluarkan asap berwarna putih.

3. Kebocoran Cairan Pendingin

Jika tangki reservoir cairan pendingin rusak atau retak, cairan pendingin atau coolant dapat bocor ke ruang bakar mesin. Cairan yang ikut terbakar di dalam silinder akan menghasilkan asap putih tebal yang keluar dari knalpot.
ADVERTISEMENT
Selain kerusakan pada tangki reservoir, penyebab kebocoran cairan pendingin juga dapat terjadi karena kepala silinder, paking kepala, atau blok mesin yang retak.

4. Sistem Komputer Mobil Tidak Berfungsi

Unit kontrol mesin yang mengalami gangguan dapat menyebabkan masalah serupa. Jika sistem komputer mobil tidak berfungsi dengan baik, ia akan mengirimkan informasi yang salah ke injektor bahan bakar.
Alhasil jumlah bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar menjadi tidak sesuai. Bahan bakar yang tidak terbakar inilah yang bisa menimbulkan asap knalpot.

5. Injektor Bahan Bakar Buruk

Injektor bahan bakar berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin dengan tekanan yang tepat. Sehingga pembakaran menjadi efisien dan optimal.
Untuk pembakaran yang optimal di dalam ruang mesin, mesin harus menginjeksikan bahan bakar pada saat yang tepat. Perubahan sekecil apa pun dapat membuat sistem menjadi tidak seimbang.
ADVERTISEMENT
Jika terdapat terlalu banyak bahan bakar di dalam mesin yang perlu dibakar dan dikeluarkan, akibatnya adalah asap mobil berwarna putih.
(SA)