Kode MIL Yamaha Vixion, Kenali Intensitas Kedipannya

Konten dari Pengguna
11 November 2021 16:41
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kode MIL Yamaha Vixion, Kenali Intensitas Kedipannya (5424)
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha Vixion dengan warna baru, Matte Blue. Foto: dok. YIMM
ADVERTISEMENT
Motor injeksi besutan Yamaha kini memiliki lampu khusus yang dikenal sebagai Mulfunction Indikator Lamp (MIL). Jika ada sesuatu yang tidak beres pada sistem injeksi di motor Yamaha Vixion, MIL akan menyala dan berkedip sebagai tanda adanya masalah.
ADVERTISEMENT
Fungsi lampu MIL ini sebagai lampu indikator yang berfungsi memberitahukan jika ada kerusakan pada sistem injeksi motor. Lantas apa saja kode kedip pada MIL ini?

Daftar Kode MIL Yamaha Vixion

Kode MIL Yamaha Vixion, Kenali Intensitas Kedipannya (5425)
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha Vixion dengan warna baru, Matte Blue. Foto: dok. YIMM
Dikutip dari laman carmudi.com, berikut kode MIL pada Yamaha Vixion yang menandakan ada masalah pada mesin motor Anda.
  • Kode 12
Pada tabel kerusakan Yamaha Vixion, terdapat beberapa kode yang cukup sering ditemui. Salah satunya adalah kode 12. Kode 12 ini berarti adanya kerusakan pada bagian crankshaft position sensor Yamaha Vixion.
Jika bagian ini mengalami kerusakan, maka akan menyala kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 1 kali, dan menyala selama setengah detik sebanyak 2 kali. Bisa saja kerusakan tersebut disebabkan adanya kerusakan pada sensor atau salah satu kabel ada yang terputus.
ADVERTISEMENT
  • Kode 13
Jika tanda berkedip dengan lama interval lampu menyala selama 1 detik 1 kali dan setengah detik sebanyak 3 kali, itu berarti ada kerusakan di bagian kode 13. Kode 13 ini menandakan adanya sesuatu yang tidak beres pada bagian intake air pressure sensor.
  • Kode 14
Sedangkan jika Yamaha Vixion memunculkan lampu berkedip 1 detik sebanyak 1 kali dan menyala setengah detik sebanyak 4 kali, itu berarti kerusakan terjadi pada saluran intake air pressure sensor. Untuk memastikannya, harus dicek bagian ini secara detail dan saksama.
  • Kode 16
Pada kode 16, indikator akan menyala selama 1 detik sebanyak 1 kali ditambah dengan kedipan lampu yang menyala setengah detik sebanyak 6 kali. Kerusakan yang terjadi jika menyala seperti ini terjadi di bagian throttle position sensor yang mengalami kemacetan. Lakukan pembersihan atau perbaikan pada komponen ini jika benar kode 16 menyala.
ADVERTISEMENT
  • Kode 21
Pada kode 21, tanda kerusakan mengarah ke coolant temperature sensor yang terletak di dekat bagian radiator. Ciri-ciri dari kerusakan ini adalah adanya kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 2 kali dan kedipan lampu selama setengah detik sebanyak 1 kali. Cek seluruh bagian sensor yang ada di radiator. Jika sudah jelek kondisinya, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.
  • Kode 22
Pada kode 22, kerusakan yang terjadi ada di intake air temperature sensor. Sistem akan membuat kedipan selama 1 detik sebanyak 2 kali dan kedipan selama setengah detik sebanyak 2 kali. Kerusakan pada bagian ini biasanya akan membuat temperatur udara yang masuk ke dalam intake menjadi lebih panas.
  • Kode 30
ADVERTISEMENT
Untuk kode 30, permasalahannya sedikit berbeda. Karena lampu indikator akan menyala selama 1 detik sebanyak 3 kali saja. Untuk kode 30, Carmudian tak perlu khawatir, karena biasanya motor hanya mengalami jatuh saja. Tidak ditemukan masalah yang cukup serius dan berarti pada kode 30 ini.
  • Kode 33
Lain lagi halnya jika kamu mengalami kedipan selama 1 detik sebanyak 3 kali ditambah kedipan setengah detik sebanyak 3 kali. Ini kode 33. Jika sudah menyala seperti ini, Yamaha Vixion tengah mengalami adanya indikasi kerusakan pada bagian primary ignition coil. Periksalah bagian tersebut atau pengapian secara detail dan saksama. Cek apakah ada kerusakan atau tidak.
  • Kode 39
Jika kamu menemukan kedipan selama 1 detik sebanyak 3 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 9 kali, tandanya ada yang tidak beres di bagian fuel injector. Itu adalah kode 39, yang menandakan adanya kerusakan pada sistem kelistrikan fuel injector. Segera periksa komponen tersebut secara detail dan fokus, ya.
ADVERTISEMENT
  • Kode 41
Jika Carmudian menemukan kedipan selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 1 kali, ini berarti menandakan kerusakan pada kode 41. Kode 41 menunjukkan adanya kerusakan pada lean angle sensor. Lean angle sensor merupakan sensor yang terdapat pada bagian penyangga kaki satu sepeda motor. Cek saja bagian itu dengan saksama.
  • Kode 44
Kedipan selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan selama setengah detik sebanyak 4 kali ini adalah kode 44. Biasanya ada kerusakan yang terjadi pada bagian proses pembacaan atau penulisan pada EPROM. EPROM sendiri merupakan alat untuk menyimpan kondisi mesin. EPROM juga berfungsi untuk mengatur settingan irit dan borosnya dari konsumsi bahan bakar yang diatur mesin.
ADVERTISEMENT
  • Kode 46
Jika menemui kedipan lampu yang menyala selama 1 detik sebanyak 4 kali ditambah kedipan menyala selama setengah detik sebanyak 6 kali, itu tandanya terjadi malfungsi di bagian aliran listrik ke fuel injection. Aliran listrik ke sistem fuel injection ini biasanya tidak normal atau ditemukan kesalahan. Kode tersebut merupakan kode 46 yang dapat diidentifikasi.
  • Kode 50
Kode 50 merupakan salah satu kode yang cukup sering ditemui. Karena kode ini merupakan penanda kerusakan pada memori ECU. Ciri-cirinya adalah akan menyala kedipan lampu selama 1 detik sebanyak 5 kali. Tanda-tanda ini merupakan adanya kerusakan pada sistem memori ECU. Namun harus diingat, jika Carmudian merasa kurang yakin dengan hal tersebut, kamu bisa melakukan diagnosa melalui bengkel resmi Yamaha terdekat di Indonesia.
ADVERTISEMENT
(HDZ)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020