Konsumsi BBM Mobilio, Terbaik di Kelasnya?

Konten dari Pengguna
2 Januari 2023 18:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Konsumsi BBM Mobilio. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Konsumsi BBM Mobilio. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu aspek yang perlu ditonjolkan mobil Low MPV adalah konsumsi bahan bakarnya. Lantas, bagaimana dengan konsumsi BBM Mobilio sebagai lini Low MPV Honda? Ini informasi yang perlu Anda ketahui.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanOTO, Honda Mobilio yang dulunya cukup tangguh di pasar Low MPV kini telah tertinggal jauh dari kompetitornya, seperti Toyota Avanza, Veloz, sampai Xpander.
Seperti yang diketahui, Mobilio pertama kali hadir untuk pasar Indonesia pada tahun 2013 dan 2014. Ini merupakan bentuk generasi kedua dari mobilnya yang dibangun khusus dari platform Honda Brio.
Seiring waktu pemasarannya, Honda Mobilio telah mengalami beberapa penyegaran atau pembaruan, mulai hadirnya varian RS, facelift, special edition, sampai RS facelift.
Meskipun demikian, banyak konsumen yang tidak merasakan adanya perubahan signifikan dari mobilnya.
Ini menjadi salah satu alasan kenapa Honda Mobilio tertinggal jauh dari kompetitornya yang cukup banyak melakukan penyegaran bahkan sampai mendapatkan generasi baru. Ini berbeda dengan Mobilio yang terakhir mendapatkan penyegaran pada tahun 2017 lalu.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, tentunya masih ada beberapa penggiat otomotif yang tertarik menggaet mobilnya secara bekas. Bagi yang tertarik, ini informasi mengenai konsumsi BBM Honda Mobilio.

Konsumsi BBM Mobilio

Konsumsi BBM Mobilio. Foto: Aditya Pratama Niagara
Dikutip dari laman carmudi, Honda Mobilio dapat dikatakan sebagai mobil Low MPV yang paling irit berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan. Adapun pengetesan ini dilakukan pada tahun 2020 lalu di sebuah event.
Pada pengetesan tersebut, konsumsi BBM Honda Mobilio sempat tembus sampai 31,5 Km/liter. Tes ini dilaksanakan dengan tidak menyalakan AC mobil, diisi oleh dua orang penumpang, dan kapasitas bensin yang dibatasi.
Namun, ada hasil pengujian lainnya yang berkata lain. Untuk pengetesan dengan rute kombinasi 350 Km, konsumsi BBM Mobilio berkisar pada 12,7 Km/liter. Sedangkan untuk pengujian eco driving 40 Km konsumsi BBM-nya adalah 23,7 Km/liter.
ADVERTISEMENT
Honda Mobilio mengusung mesin 4-silinder dengan kapasitas 1.500 cc (1.496 cc) yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 116 dk dan torsi maksimal 145 Nm.
Bagi yang tertarik menggaet mobilnya, salah satu varian yang masih dijual adalah tipe S MT-nya yang dibanderol dengan harga Rp 299 juta OTR Jakarta.
Demikianlah informasi seputar konsumsi BBM Mobilio berdasarkan beberapa pengujian. Bagaimana menurut Anda, apakah masih ada harapan dari penjualan Mobilio di Indonesia? Tulis di kolom komentar.
(AA)