Otomotif
·
3 Agustus 2021 20:52
·
waktu baca 2 menit

Konsumsi BBM Wuling Cortez, Seberapa Irit?

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Konsumsi BBM Wuling Cortez, Seberapa Irit? (617809)
searchPerbesar
Wuling Cortez (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Wuling Cortez adalah mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) buatan PT SGMW Motors Indonesia. Mobil keluaran 2018 ini dilengkapi dengan segudang fitur dan juga irit bahan bakar. Lantas benarkah demikian?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanOTO, Wuling Cortez dibawa mengitari Semarang-Solo-Magelang oleh tim dari kumparanOTO untuk mengetes seberapa irit penggunaan bahan bakarnya.
Konsumsi BBM Wuling Cortez, Seberapa Irit? (617810)
searchPerbesar
Test Drive Wuling Cortez (Foto: dok: Wuling Motor)
Perjalanan sejauh kurang lebih 250 km ini pun tidak hanya melalui jalur perkotaan, Wuling Cortez sempat dibawa menanjak untuk mencapai Kawasan Wisata Umbul Sidomukti dan Bukit Selo Merapi.
Untuk mengecek masalah efisiensi bahan bakar dari Wuling Cortez ini, pada hari pertama, tim kumparanOTO menjajalnya di jalanan tol Semarang-Bawen. L alu sebelum masuk Kota Solo di sore harinya tim berkunjung terlebih dahulu ke Kawasan Wisata Umbul Sidomukti dengan medan yang naik-turun bukit.
Etape ini dilalui dengan gaya berkendara yang variatif. Di jalan tol, mobil ini sempat dipacu dengan kecepatan 140 km/jam. Saat menanjak, transmisi manual banyak memanfaatkan gigi rendah. Total di hari pertama, berdasar data pada MID (multi information display) konsumsi bahan bakarnya menunjukkan angka 12,1 km/l.
ADVERTISEMENT
Lalu pada hari kedua, Tim memulai perjalanan dari Kota Solo, tujuan utama hari itu adalah kaki Gunung Merbabu tepatnya ke Bukit Selo Merapi. Dengan tingkat ekstrem yang tidak jauh berbeda dibanding jalur menanjak di hari pertama.
Mengakhiri etape hari kedua dengan perjalanan ke Magelang, perjalanan ini bisa dikatakan lebih lancar. Tidak heran kalau layar MID menunjukkan angka sekitar 13,3 km.
Konsumsi BBM Wuling Cortez, Seberapa Irit? (617811)
searchPerbesar
Test Drive Wuling Cortez (Foto: Alfons Hartanto)
Hari terakhir perjalanan Magelang-Yogyakarta-Solo, lebih banyak jalur perkotaan yang dilalui. Titik perhentian terakhir di Sasanti Restaurant, Yogyakarta ke Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo di Solo.
Lampu merah yang tersebar di sepanjang Jalan Raya Solo-Yogyakarta dan kondisi jalan yang padat hari Jumat sore itu membuat konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibanding hari-hari sebelumnya. Layar MID menunjukkan angka 9,9 km/l di rute terakhir.
Konsumsi BBM Wuling Cortez, Seberapa Irit? (617812)
searchPerbesar
Efisiensi Bahan Bakar Wuling Cortez (Foto: dok: Wuling Motor)

Kesimpulan

Wuling Cortez ini mengusung mesin berkubikasi 1.798 cc, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa dikatakan cukup irit untuk berkendara di wilayah perkotaan.
ADVERTISEMENT
Dengan kapasitas tangki yang mencapai 52 liter jika terisi penuh, jika merujuk efisiensi bahan bakar pada MID maka jarak hampir 520 km dapat dicapai mobil ini sebelum tangkinya benar-benar kosong.
Jika dibandingkan denga mobil MPV lainnya Wuling Cortez bisa dikatakan cukup bersaing. MPV di kelas bawahnya, yang biasanya bermesin 1.500 cc juga mengkonsumsi bahan bakar dengan angka yang tidak jauh berbeda.
Itulah informasi terkait bagaimana konsumsi BBM pada Wuling Cortez. Semoga menjadi bahan pertimbangan Anda yang sedang memilih mobil MPV antara Wuling Cortez ini atau dengan MPV lainnya.
Semoga bermanfaat.
Apakah Wuling Cortez irit bensin?
chevron-down
Berapa kapasitas mesin Wuling Cortez?
chevron-down
Berapa kapasitas tangki Wuling Cortez?
chevron-down
(HDZ)