Lampu Rem Motor Mati, Kenali Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Konten dari Pengguna
18 April 2024 15:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lampu belakang Yamaha NMax Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Lampu belakang Yamaha NMax Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sepeda motor memiliki beberapa komponen kelistrikan yang memberikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara di jalan. Salah satu komponen penting tersebut yakni lampu rem motor.
ADVERTISEMENT
Lampu rem berfungsi untuk memberikan isyarat pada kendaraan lain supaya berhati-hati atau menjaga jarak agar tidak terjadi benturan saat kendaraan melakukan pengereman.
Kendati demikian, terdapat sejumlah kerusakan yang mengakibatkan lampu rem tidak menyala. Agar dapat menentukan cara perbaikan yang tepat, simak ulasan lengkap mengenai berbagai penyebab lampu rem motor mati.

Penyebab Lampu Rem Motor Mati dan Cara Memperbaiki

Lampu rem Honda Vario yang menyala Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mengutip dari buku Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Otomotif (2021) karya Z. Furqon, S.T., dan Drs. Joko Pramono, berikut ini adalah penyebab dan cara memperbaiki lampu rem motor mati.

1. Bohlam Lampu Putus

Lampu rem motor yang tidak menyala dapat disebabkan karena bohlam lampu putus. Hal ini biasanya terjadi karena usia penggunaan bohlam lampu yang sudah lama.
ADVERTISEMENT
Cara memperbaiki : cobalah untuk memeriksa kondisi bohlam lampu, kemudian ganti dengan yang baru jika bohlam lampu putus.

2. Sambungan Kabel Soket Lepas atau Putus

Penyebab lampu rem motor berikutnya yaitu sambungan kabel soket lepas atau putus. Soket lampu merupakan komponen yang berfungsi sebagai konektor antara lampu dan sistem kelistrikan motor.
Komponen ini memungkinkan arus listrik mengalir dari sistem kelistrikan motor ke lampu indikator rem, yang nantinya akan menyala ketika terjadi pengereman.
Cara memperbaiki: Periksa dan perbaiki sambungan atau soket kabel. Jika sudah rusak, maka sebaiknya ganti soket dengan yang baru.

3. Kabel Putus

Kabel pada bohlam yang putus juga bisa menjadi penyebab dibalik lampu rem motor yang mati. Hal ini dapat terjadi karena adanya arus berlebih yang melewati kabel sehingga membuat kabel meleleh lalu putus.
ADVERTISEMENT
Cara memperbaiki: Periksa rangkaian kabel lampu sein, sambungkan dan ikat dengan selotip dan ikat dengan selotip jika ada yang putus.

4. Switch tidak bekerja

Switch merupakan komponen pendukung pada lampu rem. Fungsinya untuk menghubungkan dan memutuskan listrik dari baterai atau sumber tenaga, ke lampu rem.
Bila switch tidak bekerja dengan baik, maka lampu rem motor tidak bisa menyala.
Cara memperbaiki: Periksa switch handle kanan dan kiri. Kemudian periksa kontruksi rusak atau tidak. Selain itu, penting juga memeriksa kabel pada switch apakah lepas atau putus.
Demikian adalah uraian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu rem motor yang tidak menyala.
(SA)