Otomotif
·
11 Juni 2021 9:50
·
waktu baca 2 menit

Mengenal Fungsi Relay Pada Kelistrikan Mobil

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mengenal Fungsi Relay Pada Kelistrikan Mobil (335237)
Ilustrasi mobil parkir di rumah (Foto: Muhammad Ikbal/kumparanOTO)
Pernah mendengar istilah relay pada kendaraan? Bagi Anda yang masih belum terlalu familiar, mungkin akan bertanya-tanya tentang fungsi komponen yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Relay sendiri merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Fungsinya adalah untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik.
Mengenal Fungsi Relay Pada Kelistrikan Mobil (335238)
Relay pada mobil (Foto: truckelectrics.com)

Fungsi Relay Pada Mobil

Relay ditemukan di semua jenis kendaraan dari mobil, hingga kapal. Jenis relay yang paling sering digunakan dalam industri otomotif adalah sebuah unit berbentuk kubus kecil yang dikenal dengan relai standar atau relai mini.
Lalu apa fungsi relay pada mobil? Berikut penjelasannya.

1. Memperpanjang Umur Saklar

Fungsi yang pertama dari relay mobil adalah untuk memperpanjang usia saklar. Relay pada mobil umumnya membutuhkan arus listrik yang besar agar bisa bekerja dengan baik. Arus listrik yang ada setelah pemasangan relay tersebut akan mengalir melewati saklar,
ADVERTISEMENT
Kegunaan utamayua ini adalah sebagai pembangkit arus listrik yang dialirkan ke kompresor AC, lampu mobil, dan komponen elektromagnetik lainnya. Dalam hal ini relay berfungsi agar skalar tetap awet.

2. Mengalihkan Sirkuit Arus Tinggi

Fungsi yang kedua adalah untuk mengganti rangkaian arus tinggi menggunakan rangkaian arus rendah.
Di sini relay berperan sebagai saklar in-line yang tidak memiliki kapasitas untuk menangani arus listrik yang diperlukan untuk mengganti sistem kelistrikan yang tinggi.

3. Membuat lampu jadi lebih terang

Dikutip dari halaman resmi suzuki.co.id, fungsi dari relay adalah untuk memperkuat arus listrik.
Di samping itu, relay juga akan mengurangi hambatan arus listrik. Selanjutnya, arus listrik tersebut dapat disalurkan secara maksimal, sehingga lampu mobil bisa menyala dengan lebih terang.
ADVERTISEMENT

4. Meminimalisir Hambatan Yang Terjadi Pada Arus

Terakhir, Hambatan arus listrik yang ada pada mobil akan mempengaruhi kinerja komponen elektromagnetik.
Arus listrik yang menghambat bisa membuat lampu mobil tidak bisa menyala dengan terang. Di samping itu, hambatan arus listrik akan menyebabkan bunyi klakson menjadi tidak nyaring.
Komponen tambahan berupa relay bisa digunakan untuk meminimalisir adanya hambatan arus.
Pemasangan relay akan memperpendek rangkaian dan membuat arus listrik tidak banyak berkurang. Arus listrik tersebut akan disalurkan secara maksimal pada komponen seperti klakson dan lampu mobil.
(HDZ)