Otomotif
·
22 Juli 2021 20:35
·
waktu baca 2 menit

Mesin 2jz Masih Jadi Incaran Pecinta Modifikasi, Ini Alasannya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mesin 2jz Masih Jadi Incaran Pecinta Modifikasi, Ini Alasannya (85417)
searchPerbesar
Toyota Innova bermesin 2JZ Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Bagi Anda penyuka otomotif, khususnya mobil, mungkin Anda tertarik dalam modifikasi atau dunia balap mobil. Dalam balap mobil, tentunya kendaraaan di desain khusus agar mendapatkan kecepatan maksimal.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan hal tersebut, dibutuhkan seorang yang ahli atau mekanik handal untuk memodifikasi mobil sesuai dengan jenisnya. Tujuannya agar tidak asal-asalan dalam merancang mobil balap. Para mekanik ini juga harus hafal dan mengerti jenis-jenis part mobil yang ingin digunakan beserta fungsinya.
Salah satu kunci dalam memodifikasi mobil balap adalah bagian mesin mobil. Mesin mobil merupakan komponen terpenting untuk mendapatkan performa kendaraan yang maksimal yang bisa menggerakkan kendaraan melaju dengan kencang. Tak hanya itu, kekuatan pada mobil juga ditentukan pada mesinnya.
Anda yang suka dunia balap mobil, tentunya tidak asing dengan mesin 2jz twin turbo. Mesin tersebut sebenarnya tergolong dalam mesin lawas karena merupakan produksi dari Toyota supra generasi keempat. Walaupun Supra generasi keempat ini sudah tidak berproduksi kembali, akan tetapi mesin 2jz masih banyak dicari sampai saat ini.
ADVERTISEMENT

Alasan Mesin 2JZ Sangat Digemari

Mesin 2jz Masih Jadi Incaran Pecinta Modifikasi, Ini Alasannya (85418)
searchPerbesar
Toyota Innova bermesin 2JZ Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Alasan mesin tersebut banyak dicari adalah selain sebagai koleksi bagi sebagian orang, juga sebagai pilihan dalam modifikasi performa mesin. Walaupun jaman sekarang banyak pilihan mesin yang lebih terbaru, mesin 2jz ini masih menjadi pilihan utama bagi para pecinta balap mobil atau modifikasi performa mesin.
Ada berbagai alasan yang membuat mesin ini banyak dicari, yaitu bahan material, performa yang masih kuat, dan komponen pendukungnya masih mudah didapat hingga saat ini. Dilansir dari laman resmi Auto2o00, alasan mesin 2jz twin turbo masih menjadi incaran beberapa orang adalah kekuatan mesin yang bisa dibilang sangat kuat.
Tidak hanya dari sisi tenaga saja, melainkan dari sisi material pembentuknya juga cukup kokoh. Semua versi mesin 2JZ menggunakan blok berbahan besi cor. Memang dari segi bobot menjadi cukup berat, akan tetapi untuk menghasilkan kekuatan yang optimal maka bahan ini sangat ideal.
ADVERTISEMENT
Mesin tersebut pada bagian silindernya sangat kuat. Itu kenapa 2JZ-GTE bisa menahan tekanan dorongan turbo yang sangat kencang. Modifikator atau tunner bisa memberikan boost turbo tinggi tanpa harus mengkhawatirkan struktur dasar mesin.
Pada seri 2JZ-GTE juga memiliki benefit dari penerapan desain three-layer steel head gasket yang sangat baik. Maka hal ini mesin bisa menerima tekanan turbo yang tinggi tanpa khawatir jebol.
Tak hanya itu, penggunaan forged steel crankshaft yang juga sangat kuat menjadi tambahan kekuatan dari mesin tersebut. Blok mesin ini juga terkenal sangat rigid dan kuat menahan getaran dan putaran mesin yang tinggi.
Pada dasarnya, Toyota benar-benar memberikan tenaga yang sangat powerfull dan optimal ketika merancang mesin 2jz. Bahkan, mesin 2JZ twin turbo mempunyai banyak karakteristik desain yang sama dengan mesin truk turbo-diesel kompresi tinggi.
ADVERTISEMENT
Mesin 2JZ adalah mesin mobil sport berbahan bakar bensin. Akan tetapi, Toyota seolah-olah merancangnya untuk para penggemar mobil berperforma tinggi yang selalu haus akan modifikasi.
Untuk spesifikasinya, mesin 2JZ twin turbo berkapasitas 3.000 cc. Dapur pacu tersebut berkonfigurasi enam silinder dan bisa menghasilkan daya mencapai 320 dk dengan torsi maksimum mencapai sekitar 427 Nm.
(FOV)