Otomotif
·
20 Juli 2021 6:44
·
waktu baca 2 menit

Modifikasi Shogun Kebo, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Modifikasi Shogun Kebo, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan (264845)
searchPerbesar
Ilustrasi modifikasi motor (Foto: Pixabay)
Shogun kebo, motor yang dibuat oleh pabrikan Suzuki dan dirilis di Indonesia pada tahun 1996. Kendaraan roda dua ini, menjadi salah satu motor yang populer ikonik pada masanya. Apa sebabnya?
ADVERTISEMENT
Motor ini menjadi sangat diminati oleh para pecinta motor, pada saat itu, karena memiliki CDI yang berbeda dari motor yang lain. Dikutip dari laman suzuki.co.id, CDI merupakan singkatan dari Capacitor Discharge Ignition. CDI merupakan komponen yang penting dalam sistem pengapian. Fungsi CDI harus dipastikan dapat bekerja dengan baik supaya kendaraan bisa menyala.
Selain CDI yg unik, motor ini selalu digemari karena bebas limiter alias bisa dipacu hingga kecepatan tinggi. Tak heran jika motor "kebo" ini digunakan untuk balapan.
Namun, pastikan Anda sudah memodifikasi motor ini sebelum menjajal arena balap. Sebab, ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian buat Anda yang ingin modifikasi motor Suzuki Shogun kebo ini. Apa saja? Berikut penulis rangkum.
ADVERTISEMENT

Tiga Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Modifikasi Shogun Kebo

1. Rencanakan terlebih dahulu konsep modifikasi Anda

Modifikasi Shogun Kebo, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan (264846)
searchPerbesar
Ilustrasi perencanaan modifikasi (Foto: Pixabay)
Tahap ini sangat penting Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah tahu bagaimana konsep modifikasi pada Shogun kebo Anda. Pelajari dulu juga mesin pada motor. Perbanyak referensi modifikasi pada Shogun 'kebo'.
Pada tahap ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan modifikator, yakni orang yang bisa melakukan modifikasi motor. Dengan begitu, rencana modifikasi motor Anda bakal berjalan mulus.

2. Siapkan dana

Modifikasi Shogun Kebo, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan (264847)
searchPerbesar
Ilustrasi uang (Foto: Pixabay)
Mengganti sparepart pada kendaraan saja bisa merogoh kocek Anda, apalagi merencanakan modifikasi. Kegiatan ini tentu saja membutuhkan dana yang besar.
Ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu dana untuk modifikasi ini. Konsultasi dengan modifikator bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kisaran dana yang dibutuhkan untuk rencana modifikasi Shogun kebo Anda.
ADVERTISEMENT
Ini penting. Sebab, banyak yang akhirnya menunda pekerjaan modifikasi motornya akibat kekurangan dana. Padahal, motor sudah dalam proses pekerjaan. Meski bisa dilakukan bertahap, pastikan jangan sampai Anda menunda terlalu lama. Sebab, mesin motor Anda berpotensi mengalami kerusakan.

3. Gunakan komponen yang berkualitas

Kalau Anda ingin sekali melakukan modifikasi motor, pastikan juga sudah memilih komponen motor yang berkualitas. Komponen berkualitas dimulai dari keaslian produk tersebut.
Tujuannya, agar modifikasi motor Anda semakin maksimal. Selain, tampilan motor yang ciamik, penggunaan komponen yang berkualitas akan mengurangi risiko kerusakaan kendaraan Anda. g.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan modifikasi pada Suzuki Shogun 'kebo' Anda. Semoga bermanfaat.
(HDZ)