Otomotif
·
10 September 2021 9:36
·
waktu baca 3 menit

Modifikasi Sigra, Berikut Referensinya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Modifikasi Sigra, Berikut Referensinya (1235023)
searchPerbesar
Daihatsu Sigra. Foto: dok. Wikimedia
Bagi Anda pecinta otomotif khususnya mobil biasanya melakukan modifikasi pada kendaraannya. Tujuannya adalah agar mobil yang dimilikinya terlihat menawan secara penampilan. Modifikasi mobil dapat dilakukan dari segi mana pun.
ADVERTISEMENT
Mulai dari interior, eksterior hingga mesin pada mobil tersebut. Salah satu mobil yang cocok untuk dilakukan modifikasi adalah Daihatsu Sigra. Meskipun mobil ini termasuk dalam golongan mobil keluarga, namun sebagian pemilik mobil tersebut melakukan penggantian atau penambahan komponen.
Modifikasi pada mobil sigra akan membuat kesan berbeda karena biasanya hanya dipergunakan sebagai harian atau dengan tampilan sesuai pabrik. Kali ini, kita akan memberikan beberapa referensi mengenai modifikasi sigra yang cocok. Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, berikut jenis modifikasi sigra.
Modifikasi Mobil Sigra Ganti Antena Model Sirip
Walaupun antena bawaan Sigra sudah cukup bagus, namun desain masih kurang bagi orang pecinta otomotif yang mungkin tergabung dalam komunitas Sigra. Selain untuk mengubah tampilan, alasan lain memodifikasi antena yaitu karena bagian ini mudah dilepas dan rawan dicuri, jadi antena perlu diganti dengan model hiu.
ADVERTISEMENT
Penggantian antena sirip hiu, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp 200.000 – Rp 300.000 saja. Untuk pemasangan pun cukup mudah dan dilengkapi dengan lem khusus. Selain itu agar kualitas penerimaan sinyal masih baik, digunakan baut yang masih sama dengan tempat aslinya.

Modifikasi Mobil Sigra Ganti Velg dengan Jazz, Yaris, atau Mobilio

Modifikasi Sigra, Berikut Referensinya (1235024)
searchPerbesar
Lampu belakang Daihatsu Sigra facelift Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Modifikasi sigra bisa Anda lakukan dengan mengganti velg varian dari Yaris atau Honda Jazz. Pemasangannya terbilang mudah karena Plug n Play (PNP) dan Pitch Circle Diameter (PCD) pun sama. Selain itu juga velg OEM dengan daya tahan yang telah teruji dibandingkan membeli velg aftermarket.
Harga modifikasi velg ini pun sangat terjangkau, yaitu sekitar 3 jutaan dan lebih menyesuaikan kondisi. Namun Anda harus tetap membeli ban baru yang memiliki ukuran sama dengan velg. Selain yaris atau jazz, Anda juga dapat menggunakan varian lain yaitu Velg Mobilio RS ukuran Ring 15 dengan harga sekitar 2,8 juta dan pemasangan yang mudah.
ADVERTISEMENT
Modifikasi Mobil Sigra Ganti dengan Tambah Damper
Damper berguna untuk menahan per supaya tidak membentur pada ground bagian atas mobil. Tujuan menambahkan damper pada Sigra yaitu agar tidak amblas, karena modifikasi mobil Sigra ceper sebagai mobil keluarga yang biasa menampung banyak penumpang harus diperhatikan dari segi kenyamanan juga, tidak hanya keindahan saja.
Pemakaiannya pun cukup mudah dengan menambahkan pada setiap bagian belakang berukuran 3-4 cm. Harga dumper ini bervariasi kisaran 400-700 ribu tergantung pada mereknya.
Modifikasi Mobil Sigra Pasang Sarung Jok Kulit
Jok asli bawaan Sigra menggunakan material fabric yang tentu akan lebih sulit dibersihkan dibanding dengan jok lain yang berbahan kulit. Maka dari itu, untuk mendapatkan kondisi jok yang semakin praktik dan tentunya tetap classy, Anda bisa mengganti dengan jok berbahan kulit dengan harga yang terbilang cukup mahal yaitu sekitar 2 – 4 jutaan tergantung dari bahan yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Modifikasi Mobil Sigra Pasang Electric Mirror
Pemasangan spion yang elegan tentu membuat Anda semakin percaya diri untuk bermanuver terutama saat berkendara di jalan yang sempit untuk memudahkan pergerakan mobil. Anda cukup perlu menyiapkan biaya sekitar 2 – 3 juta untuk memasang spion lipat otomatis yang terdiri dari motor modul, kabel, dan switch.
Modifikasi Mobil Sigra Ganti Logo dengan Toyota atau Lexus
Logo asli mobil Sigra berbentuk garuda, terkesan kurang classy. Oleh karena itu bisa Anda ganti dengan logo Toyota atau Lexus agar terlihat lebih classy. Logo ini dapat dibeli di dealer resmi maupun secara online dengan kisaran harga yang cukup murah yaitu Rp 125.000.
Cara pemasangannya pun cukup mudah, Anda bisa melakukan pemasangan sendiri atau dengan bantuan mekanik di bengkel aksesoris mobil atau bengkel resmi.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa referensi modifikasi pada mobil sigra. Jika Anda tertarik bisa Anda coba untuk kendaraan sigra Anda di rumah.
(FOV)