Otomotif
·
5 Mei 2021 17:54

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Motor

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Motor (59664)
Ilustrasi STNK. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Perpanjang STNK adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Besarannya sendiri pun berbeda tiap tahunnya, termasuk pajak 5 tahunan.
ADVERTISEMENT
Menurut Pasal 288 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 menjelaskan tentang sanksi jika mengemudikan kendaraan tidak dilengkapi STNK yang ditetapkan Polri (masa berlaku atau pajak mati). Hukumannya kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.
Agar tidak terkena denda seperti yang dijelaskan diatas, maka Anda harus melakukan perpanjangan STNK motor anda secara rutin tiap tahunnya.
Bagaimana cara melakukan perpanjangan STNK tersebut? Dikutip dari laman resmi ntmcpolri, berikut rinciannya.

Persyaratan Perpanjangan STNK Tahunan :

  • STNK Asli dan Foto Copy
  • BPKB Asli dan Foto Copy (BPKB Asli diperlihatkan ke Petugas).
  • KTP Asli dan Foto Copy KTP Pemilik sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan atas nama perorangan) Foto Copy Domisisi Perusahaan, NPWP Perusahaan, SIUP Perusahaan dan TDP Perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan)
  • Surat kuasa, apabila memberi kuasa kepada pihak lain untuk melakukan pengurusan. Untuk kendaraan atas nama perusahaan, Surat Kuasa diatas Kop Surat Perusahaan, ttd pemberi kuasa dan stempel perusahaan diatas materai (*melampirkan Foto Copy KTP Pemberi Kuasa)
ADVERTISEMENT

Prosedur Perpanjangan STNK Tahunan:

  • Mengisi Formulir Perpanjangan STNK (Formulir tersedia di Loket)
  • Memasukkan Formulir beserta persyaratan STNK Tahunan ke Loket Pendaftaran setelah memasukkan berkas silahkan menunggu panggilan, apabila tidak ada masalah di berkas petugas akan memanggil untuk menyerahkan lembar besaran pajak yang harus dibayar (Notice)
  • Membayar Pajak Kendaraan di Loket Pembayaran. Setelah melakukan pembayaran silahkan menunggu panggilan kembali untuk penerbitan STNK (Pengesahan) dan SKPD baru di Loket pengeluaran STNK (Pegesahan) dan SKPD Baru
  • Menerima STNK (Pengesahan) dan SKPD Baru
(HDZ)