Otomotif
·
11 Juni 2021 9:50
·
waktu baca 2 menit

Mudah, Ini Cara Menyetel Klep Mesin Diesel Dongfeng

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mudah, Ini Cara Menyetel Klep Mesin Diesel Dongfeng (18962)
Ilustrasi mesin diesel. (Foto: Bangkit Jaya Putra)
Bicara soal mesin terutama mesin diesel, pasti ada salah satu bagian komponen yang memiliki peran penting untuk memberikan performa pada mobil.
ADVERTISEMENT
Komponen tersebut adalah klep atau bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama clearance valve.
Bagi yang masih awam tentunya bertanya-tanya, seperti apa klep atau clearance valve pada mesin mobil diesel. Lalu, bagaimana cara perawatan yang bisa dilakukan untuk bagian mesin ini? Berikut beberapa hal penting terkait klep pada mesin.
Mengenal Fungsi Klep
Fungsi dari klep pada mesin sangat penting, karena mengatur pemasukan campuran udara dan bahan bakar keruang bakar serta mengatur pembuangan gas hasil sisa pembakaran ke udara luar.
Di sinilah pentingnya klep untuk selalu dirawat secara berkala. Jika rusak, komponen yang satu ini akan memengaruhi kinerja mesin diesel. Beberapa diantaranya adalah penurunan performa, boros bahan bakar, dan suara mesin yang berisik sehingga menganggu kenyamanan berkendara.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara merawat klep mobil? Salah satu cara yang paling mudah untuk merawat klep dimulai dari pengaturan yang tepat.
Jika klep yang terlalu longgar atau terlalu rapat dapat menyebabkan masalah. Jika terlalu longgar akan menyebabkan suara yang nyaring dan menganggu.
Sebaliknya, jika terlalu rapat dapat menimbulkan salah pengapian ataupun pengapian balik yang bisa menimbulkan bahaya bagi mesin.

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel Dongfeng

Dikutip dari rumahdiesel.com, ada beberapa teknik khusus untuk menyetel klep agar fungsinya berjalan dengan. Berikut cara-cara yang dapat Anda coba untuk menyetel klep mesin diesel dan salah satunya adalah dengan menggunakan mesin dengan merk Dongfeng.
  • Pertama, anda harus menyiapkan alat seperti obeng, kunci, feller gauge, dan peralatan lainnya yang nantinya akan dibutuhkan.
  • Kedua, pastikan memanaskan mesin mobil kurang lebih sekitar 5 menit kemudian cek pada bagian air radiator, oli mesin, dan yang terakhir bensin.
  • Ketiga, buka cover kepala silinder, dilanjutkan dengan memutar poros sampai tanda puli sudah tepat berada di angkan nol tutup rantai timing.
  • Keempat, mengecek saat katup masuk untuk menentukan top kompresi pada bagian silindernya apakah sudah 1 atau 4. Kemudian perhatikan silinder mana yang bergerak bersamaan pada saat engkol diputar, terus gerak-gerakan bagian poros engkolnya agar dapat melihat masuk ke silinder 1 atau silinder 4.
  • Kelima, perhatikan lagi katup sudah masuk ke silinder 4 kemudian tanda puli sudah berada di angka nol, maka top kompresi yaitu silinder 1 dan begitu juga sebaliknya.
  • Keenam, Anda dapat langsung memulai menyetel klep atau katup dengan menggunakan kunci ring untuk mengendorkan mur.
  • Cara ketujuh yaitu dengan memperhatikan antara rocker aem dan batang katup, masukanlah feeler gauge, kemudian baut setelan juga perlu untuk dikendorkan ataupun dikencangkan dengan menggunakan obeng.
  • Delapan, lanjutkan dengan mur penahan yang perlu untuk dikencangkan atau jika dirasa feeler gauge yang tadi masih bergesekan, maka anda dapat langsung segera untuk ulangi proses penyetelannya.
  • Jika poros engkol perlu untuk diputar hingga 360 derajat jika penyetelah anda rasa sudah benar dan tepat, kemudian lakukan sekali saja supaya tanda puli dapat tepat di angka nol dengan ditutup rantai timing.
  • Terakhir, cek kembali dan jika diperlukan setel celah klep atau katup-katup lainnya jika anda merasa ada yang belum disetel.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa cara menyetel klep mesin diesel Dongfeng. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan jika ingin mencobanya sendiri di rumah.
(HDZ)