Otomotif
·
14 September 2021 10:12
·
waktu baca 3 menit

Night Ride Motor: Pengertian dan Istilah Lainnya dalam Touring Motor

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Night Ride Motor: Pengertian dan Istilah Lainnya dalam Touring Motor (12988)
searchPerbesar
Ilustrasi Touring Menggunakan Sepeda Motor Foto: Shutter Stock
Apabila Anda adalah salah seorang pecinta otomotif motor, pastinya mengerti mengenai kegiatan touring. Touring merupakan kegiatan berkendara secara beramai-ramai dengan anggota komunitas motor secara beriringan dan menentukan sebuah tujuan lokasi.
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan touring, ada beberapa istilah yang biasa digunakan. Istilah ini di antaranya yaitu ada touring, kopdar, rolling, sunmori, dan night ride. Jika Anda ingin mengenalnya lebih dalam, simak penjelasan istilah-istilah tersebut.
Istilah Kegiatan Anak Motor
Dikutip dari laman speedwork, berikut ini penjelasannya :

Night Ride Motor

Seperti namanya, dalam kegiatan ini para bikers akan menikmati waktu berkendara di malam hari. Lewat night ride para bikers memiliki kesempatan untuk berkendara sambil menikmati pemandangan malam kota dan jalanan yang lebih kosong.
Kopdar
Kopdar atau kopi darat merupakan agenda berkumpul yang dilakukan oleh klub, komunitas atau forum motor. Biasanya, kegiatan ini diagendakan satu kali dalam seminggu. Dalam Kopdar, para anggota akan membahas suatu topik seputar motor. Kopdar ini juga bertujuan untuk membangun keakraban antar anggota.
ADVERTISEMENT
Rolling
Rolling adalah istilah yang digunakan saat berkeliling di wilayah asal atau sekitar komunitas. Jarak dalam rolling cukup dekat, selain itu rolling juga biasa dilakukan setelah kopi darat. Rolling juga menjadi kesempatan untuk menyapa klub/komunitas motor lain.
Sunmori
Sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Ride. Kegiatan ini semakin terkenal setelah banyak vlogger berbagi pengalaman Sunmori mereka. Berbeda dengan night ride, Sunmori diadakan di Minggu pagi. Meski demikian Minggu pagi dipilih karena alasan yang sama dengan night ride yakni kondisi jalanan yang masih lengang.
Touring
Touring merupakan perjalanan jauh ke luar kota atau bahkan lintas provinsi. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk agenda spesial klub/komunitas seperti perayaan hari jadi atau menyambut anggota baru. Touring sendiri terbagi dua menjadi Tourjib atau Tour Wajib dan Tourgan atau Tour Gabungan. Tourjib diperuntukkan bagi seluruh anggota komunitas sementara Tourgab adalah touring yang dilakukan bersama perwakilan anggota klub/komunitas lainnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian, dalam kegiatan ini ada juga beberapa istilah bagi para peserta yang mengikuti touring atau night ride motor. Istilah ini berdasarkan peran atau tugas yang telah dipilih. Dikutip dari laman Top1 Indonesia, di bawah ini beberapa istilahnya :
Istilah dalam Touring atau Night Ride Motor
Night Ride Motor: Pengertian dan Istilah Lainnya dalam Touring Motor (12989)
searchPerbesar
Ilustrasi berkendara berkelompok atau touring komunitas. Foto: Istimewa
  • Road Captain
Tugas road captain ini sama dengan ketua kelompok saat touring. Road captain bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran dan keselamatan para rombongan.
Juga bertanggung jawab untuk urusan administrasi, seperti surat izin. Seorang road captain biasanya harus memiliki problem solving yang cepat dalam mengambil keputusan.
  • Safety Officer
Kalau kamu paham betul dinamika perjalanan, hafal jalan, dan seluk beluknya, maka kamu cocok menjadi safety officer. Posisi ini bertugas untuk menunjukkan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilalui.
ADVERTISEMENT
  • Voorijder
Voorijder memiliki tugas yang sama dengan safety officer, tapi tanggung jawabnya lebih besar. Voorijder biasanya harus berada di depan rombongan sebagai pemimpin.
Seorang voorijder harus bisa menyesuaikan kecepatan, mengatur formasi, dan memberi tahu kondisi jalan dengan isyarat atau gestur tubuh.
  • Sweeper
Tugas sweeper adalah mengawal barisan touring. Beberapa anggota juga harus dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan rombongan. Seringkali, sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Sweeper juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari foreder.
  • Technical Officer
Risiko menempuh perjalanan jauh salah satunya adalah kondisi mesin. Apalagi jika terjadi kerusakan di tempat yang jauh dari bengkel. Di sinilah peran technical officer dibutuhkan.
Begitulah penjelasan mengenai istilah dalam touring motor. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang ingin bergabung dalam suatu komunitas motor atau ingin melakukan touring.
ADVERTISEMENT
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020