Otomotif
·
22 Juli 2021 5:49
·
waktu baca 3 menit

Oli Motor Matic, Ini 7 Rekomendasi Merek Terbaik

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Oli Motor Matic, Ini 7 Rekomendasi Merek Terbaik  (88555)
searchPerbesar
Ilustrasi ganti oli motor. (Foto: Shutterstock)
Motor matik kian menjamur di Indonesia. Alasannya, selain karena modelnya yang stylish, motor jenis ini juga lebih mudah dikemudikan, bahkan oleh orang yang baru belajar mengendarai sepeda motor sekalipun.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, tak semua pemilik motor matic bisa merawat motornya dengan baik. Apalagi, jenis motor ini memiliki perawatan khusus untuk olinya. Oli menjadi komponen yang berperan penting untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaik.
Oli atau pelumas mempunyai fungsi untuk melumasi kerja mesin, agar tidak bergesekan secara langsung satu sama lain. Tak hanya itu, oli juga berperan untuk menjaga mesin tetap dingin. Fungsi pendingin ini akan terasa efeknya saat kendaraan digunakan di lalu lintas yang padat dan perjalanan jauh.
Oleh karena itu, jangan asal pilih oli untuk motor matic kesayangan Anda. Tujuannya agar Anda lancar dan nyaman saat berkendara.
Oli Motor Matic, Ini 7 Rekomendasi Merek Terbaik  (88556)
searchPerbesar
Ilustrasi ganti oli motor. (Foto: Shutterstock)

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Dikutip dari Moladin, setidaknya ada tujuh rekomendasi oli motor yang cocok untuk motor matik Anda. Berikut rekomendasinya.
ADVERTISEMENT
1. Shell Advance 4T AX5 Scooter
Anda bisa menggunakan Shell Advance 4t AX5 Scooter. Pelumas ini dilengkapi dengan Active Cleansing Technology.
Teknologi tersebut diklaim mampu membersihkan mesin 33 persen lebih baik dari pelumas lainnya. Untuk urusan harga, biasanya Shell Advance 4t AX5 Scooter dibanderol mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 38 ribuan.
2. Top 1 Action Matic
Top 1 ini telah teruji kualitasnya sejak lama sebagai produsen motor dan mobil dengan kualitas internasional. Pelumas berbahan dasar sintetik ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering seperti motor skuter matik (skutik).
TOP 1 Action Matic memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi, sehingga membuat usia pakainya lebih lama dibandingkan produk sejenis. Pelumas ini juga telah memiliki standar JASO dan API yang telah disesuaikan untuk motor-motor produksi terbaru.
ADVERTISEMENT
Top 1 Action Matic tersedia dengan kekentalan 10W-30 dan 10W-40. Ukurannya pun bervariasi, ada yang 1 liter dan 0,8 liter. Terkait harga, biasanya pelumas ini ditawarkan mulai Rp 45 ribuan.
3. Castrol Activ Matic
Selanjutnya Anda bisa menggunakan Castrol Activ Matic. Oli ini dilengkapi dengan ZipBoosters yang diklaim memiliki teknologi tinggi dengan gesekan yang rendah.
Castrol Activ Matic didesain khusus untuk motor matik 4-tak modern seperti yang beredar saat ini dipasaran. Mesin motor matik biasanya harus bekerja ekstra menghadapi jalan perkotaan yang padat.
Untuk diketahui, pelumas ini tersedia dalam pilihan SAE 20W-40 dan 10W-30. Menyoal harganya, pelumas ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 40 ribuan.
4. Repsol Moto 4T 10W-30 Matic
ADVERTISEMENT
Selanjutnya Repsol Moto 4T 10w30 Matic ini bisa jadi solusi untuk Anda yang ingin menggunakan oli yang bagus untuk motor matic. Pelumas satu ini diklaim cocok digunakan untuk motor matik biasa maupun matik injeksi yang beredar di Tanah Air.
Di atas kertas, Repsol Moto 4T 10W-30 ditawarkan dalam kemasan 0,8 liter. Terkait harga, produk ini ditawarkan dengan kisaran Rp 40 ribuan per botol.
5. Yamalube Super Matic
Yang kelima ada dari Yamalube Super Matic. Oli ini menawarkan kelebihan yang diklaim membuat temperatur mesin tetap stabil alias dingin.
Oli ini juga mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik sampai membuat performa motor lebih optimal. Oli keluaran Yamaha ini tentu sangat cocok untuk motor matic Yamaha Anda. Yamalube Super Matic cenderung masih terjangkau dengan harga sekitar Rp 50 ribuan.
ADVERTISEMENT
6. Federal Matic Ecomaxx 30
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Federal Matic Ecomaxx 30 dengan SAE 20W-40API JASI MB. Pelumas ini menggunakan formula Synthetic special yang diklaim mampu membuat motor matik Anda akan tetap awet.
Federal Matic Ecomaxx 30 memiliki tiga keunggulan yakni Active Moly, yang mampu Menjaga mesin dari gesekan dan hemat bahan bakar. Viscoelastic molecules, Meningkatkan kinerja dan akselerasi mesin lebih optimal.
Ketiga dibekali dengan Double ACT Cleaner, membersihkan komponen mesin motor 2X lebih efektif.
7. Motul Scooter LE 10w30
Terakhir Anda bisa memilih oli Motul Scooter Expert LE 10W-30. Untuk kualitas tentulah jangan diragukan. Produk Motul sangat populer di ajang balapan Indonesia, maupun Internasional.
Motul Scooter LE 10W-30 diklaim cocok untuk motor matik terbaru maupun lawas. Produk ini biasanya ditawarkan dalam ukuran 0,8 liter dengan banderol sekitar Rp 70 ribuan.
ADVERTISEMENT
(HDZ)