Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip, Perhatikan 4 Hal Ini

Konten dari Pengguna
8 Juli 2024 11:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi lampu sein. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lampu sein. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lampu sein merupakan komponen yang penting saat berkendara sebagai alat komunikasi. Lampu ini berfungsi untuk memberi sinyal pada pengguna jalan lain bahwa motor yang dikendarai akan segera berbelok.
ADVERTISEMENT
Namun, ada kalanya lampu sein tidak bekerja sebagaimana mestinya. Adapun permasalahan yang kerap ditemui adalah lampu sein tidak berkedip saat dinyalakan.
Hal ini tentu perlu segera diatasi supaya pengendara dapat berkendara dengan aman. Simak penjelasan dalam artikel ini mengenai penyebab lampu sein motor tidak berkedip agar dapat menemukan langkah perbaikan yang tepat.

Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

Ilustrasi penyebab lampu sein motor tidak berkedip. Foto: Unsplash
Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah hal yang dapat menyebabkan lampu sein motor tidak berkedip.

1. Kondisi Bohlam Lampu Buruk

Salah satu penyebab lampu sein motor tidak berkedip adalah kondisi bohlam lampu yang buruk atau putus. Kondisi ini umumnya terjadi karena penggunaan bohlam tidak sesuai dengan tegangan yang dianjurkan oleh pabrikan.
Arus listrik yang terlalu besar akan membuat membebani sistem kelistrikan bohlam sehingga dapat membuatnya putus. Begitu pula, saat arus yang dialirkan terlalu kecil, hal ini membuat lampu sein tidak berkedip.
ADVERTISEMENT

2. Permasalahan pada Flasher

Saat menjumpai lampu sein tidak berfungsi dengan baik, maka pemilik motor perlu memeriksa bagian flasher.
Komponen ini bertugas untuk menyalurkan arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala dengan berkedip-kedip. Biasanya flasher memiliki tempo waktu yang teratur sehingga membuat lampu berkedip pada interval waktu tertentu.
Jika ada permasalahan pada flasher, hal ini tentu berdampak pada lampu sein. Pemilik motor akan mendapati lampu sein berkedip tidak teratur atau tidak berkedip sama sekali.

3. Masalah Kelistrikan

Adanya kerusakan pada komponen dalam sistem kelistrikan juga dapat mengganggu kinerja lampu sein motor. Permasalahan yang kerap terjadi meliputi kabel yang korsleting, sekring yang putus, maupun gangguan pada soket.
Lakukan pemeriksaan sistem kelistrikan secara rutin untuk memastikan komponen dalam kondisi yang bagus. Segera ganti komponen-komponen kelistrikan tersebut jika mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT

4. Kondisi Aki Motor Lemah

Faktor umum lainnya yang membuat lampu sein tidak berkedip yakni kondisi aki motor yang soak. Aki memainkan fungsi penting sebagai sumber utama untuk menyediakan arus listrik pada semua komponen kelistrikan pada motor yang membutuhkan.
Sehingga apabila suplai arus aki berkurang, maka kinerja komponen elektrik motor juga ikut menurun. Tidak terkecuali lampu sein yang kinerjanya terganggu.
Oleh karena itu, periksa secara berkala kondisi aki motor. Perhatikan tanda-tanda kerusakan aki dan lakukan perbaikan supaya sistem kelistrikan motor tetap berfungsi dengan baik.
(SA)