Perbedaan Blok RX King Y1 Y2 Y3 Y4, Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
8 Juli 2024 19:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Yamaha RX-King. Foto: Ahmad Arif
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha RX-King. Foto: Ahmad Arif
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Yamaha RX King dikenal sebagai motor legendaris di kalangan pecinta otomotif. Adapun komponen yang sering menjadi sorotan adalah mengenai blok mesinnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu blok mesin yang dimiliki Yamaha RX King yaitu seri Y. Seri ini memiliki sejumlah tipe antara lain Y1, Y2, Y3 dan Y4. Keempat tipe blok mesin tersebut dapat dibedakan melalui sejumlah aspek seperti tahun produksi hingga materialnya.
Untuk mengetahui secara lebih lengkap, simak penjabaran yang disajikan pada uraian di bawah ini.

Perbedaan Blok RX King

Yamaha RX-king listrik. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Mengetahui perbedaan blok mesin Yamaha RX King tidak hanya membantu dalam memilih blok yang sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga berguna dalam merawat performa motor tetap optimal.
Info Otomotif telah merangkum dari berbagai sumber mengenai perbedaan blok motor RX King Y1 Y2 Y3 Y4.

1. Tahun Produksi

Blok mesin seri Y biasanya digunakan oleh RX King keluaran tahun lama atau generasi awal. Sebagai contoh blok mesin Y1 dan Y2 diproduksi pada tahun 1983-1991.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk blok mesin lainnya, dibuat pada tahun yang lebih muda. Misalnya pada blok mesin Y4 yang dibuat mulai dari tahun 1994.
Dari segi ketersediaan, blok mesin Y1 cenderung lebih sulit ditemui di pasaran. Berbeda dengan Y4 yang lebih mudah dijumpai dengan harga yang relatif terjangkau dari generasi sebelumnya.

2. Material Blok Mesin

Blok mesin RX King dibuat dengan material bahan logam baja berkualitas sehingga memiliki daya tahan tinggi dan lebih awet.
Pada tipe blok mesin seri Y dibuat dari material berkualitas dengan ketahanan dan performa terbaik. Kendati demikian, dari beberapa tipe blok mesin seri Y, blok mesin Y1 dianggap memiliki material yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu saja, permukaan blok mesin Y1 cenderung halus dan lebih mengkilap.

3. Tulisan Timbul pada Permukaan Mesin

Untuk memudahkan mengenali blok mesin motor RX King, pengguna motor dapat mengetahuinya melalui tulisan timbul di permukaan mesin.
Pengguna akan menjumpai tulisan Y1, Y2, Y3, dan Y4 di bagian kiri bawah. Masing-masing kode tersebut mewakili generasi blok mesin motor seri Y. Selain itu, adanya tulisan timbul mengenai tipe blok mesin tersebut juga dapat menunjukan orisinalitas komponen mesin.
Demikian adalah penjelasan mengenai perbedaan blok RX King Y1, Y2, Y3, dan Y4 untuk mendapatkan gambaran jelas. Informasi tersebut dapat dijadikan pertimbangan membuat keputusan yang dalam merawat atau memodifikasi motor kesayangan.
(SA)