Perbedaan Fortuner VRZ dan TRD, Apa Saja?

Konten dari Pengguna
9 Juli 2024 16:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM
zoom-in-whitePerbesar
New Toyota Fortuner 2020. Foto: dok. TAM
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Toyota Fortuner menjadi mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang memiliki banyak peminat. Mobil ini tersedia dalam beberapa tipe dan pilihan mesin.
ADVERTISEMENT
Adapun salah satu pilihan mesin yang ditawarkan yaitu mesin diesel. Mobil ini hadir dengan sejumlah tipe termasuk VRZ dan TRD. Meski keduanya tampak serupa, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan.
Supaya dapat membantu menentukan pilihan yang tepat, simak uraian yang disajikan berikut mengenai perbedaan mobil Fortuner VRZ dan TRD.

Perbedaan Fortuner VRZ dan TRD

Toyota Fortuner TRD yang disegarkan di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTOADVERTISEMENT
Perbedaan Toyota Fortuner VRZ dan TRD terletak pada mesin, bagian eksterior dan interior. Berikut detail penjelasan pada masing-masing aspeknya.

1. Perfoma Mesin

Mobil Fortuner VRZ dibekali mesin diesel dengan kode 1 GD FTV 4 2,755 cc silinder segaris 3 katup DOHC, VNT Intercooler. Dalam laman Toyota Astra disebutkan bahwa dengan jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 203,9 PS dan torsi puncak 50.9 kgm.
ADVERTISEMENT
Sementara varian Fortuner TRD hadir tidak hanya dengan mesin diesel, namun juga mesin bensin.
Untuk Fortuner TRD mesin diesel sendiri ditenagai mesin dengan kode 2 GD FTV 4 2.393 cc silinder segaris 4 katup DOHC VNT Intercooler. Mobil ini punya tenaga mencapai 149,6 PS dan torsi 40,8 kgm.

2. Bagian Eksterior

Perbedaan yang cukup mencolok dapat dikenali pada bagian eksterior kedua mobil.
Pada Fortuner TRD memiliki stiker dengan tulisan TRD Sportivo yang menempel di bagian sisi bodi dan pintu belakang. Kemudian desain bumper depan dibuat lebih sporty dengan penambahan ornamen guard berwarna silver.
Selebihnya, baik Fortuner VRZ dan TRD memiliki eksterior yang tidak jauh berbeda seperti sama-sama menggunakan velg Alloy ukuran 18 inci.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, pada bagian velg mobil TRD terdapat detail tambahan berupa adanya emblem TRD yang tidak ditemui pada varian mobil lain.

3. Bagian Interior

Beralih ke bagian dalam mobil, interior varian VRZ dan TRD tidak banyak ubahan yang berarti. Keduanya memiliki fitur dan kelengkapan yang sama.
Kedua mobil ini sama-sama memiliki fitur tombol start stop, power back door, paddle-shift, roof monitor, smart cruise control, smart entry, pilihan mode berkendara ECO, normal dan power, hingga AC double blower digital.
Pada kabin mobil VRZ didominasi dengan warna hitam dan cokelat yang menambah kesan mewah dan elegan. Sementara pada varian TRD memiliki nuansa lebih sporty yang kental dengan warna hitam.
ADVERTISEMENT
(SA)