Otomotif
·
23 Juli 2021 21:24
·
waktu baca 2 menit

Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli (544992)
searchPerbesar
All New Yamaha NMax 2020 Connected/ABS (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparanOTO)
Berencana membeli Yamaha Nmax? Pastikan kamu memilih tipe motor ini dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan ya.
ADVERTISEMENT
Motor matik berukuran besar ini memang sedang menjadi primadona. Motor merupakan alat transportasi yang hampir dimiliki oleh keluarga di Indonesia. Nah, Sepeda motor ini menjadi pilihan karena selain membantu mobilitas, juga memiliki tampilan stylish.
Saat ini, teknologi sepeda motor berkembang semakin pesat dengan berbagai macam keunggulannya. Produsen kendaraan ini pun terus mengembangkan produknya agar lebih unggul dan banyak peminat.
Salah satunya, Yamaha, yang terus mengembangkan produk terbaiknya dalam dunia otomotif. Pabrik asal Jepang ini tergolong dalam perusahaan yang sukses di dunia otomotif. Terlihat dari menjamurnya produk-produk yang dihasilkannya yang tersebar hampir di seluruh dunia.
Yamaha adalah produsen otomotif yang banyak diburu oleh masyarakat karena memiliki kualitas produk yang baik dengan berbagai tipe sepeda motor. Salah satu tipe motor Yamaha yang banyak diminati khususnya di Indonesia saat ini adalah Yamaha Nmax.
ADVERTISEMENT
Motor matik yang berukuran lebih besar dibandingkan produk motor matik pada umumnya memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Terlebih dengan teknologi yang ditawarkan cukup menarik walaupun dengan harga lumayan tinggi.
Ada beberapa versi yang dikeluarkan Yamaha pada produksi sepeda motor ini, yaitu All New Nmax Standard, All New Nmax Connected, dan All New Nmax ABS. Dari ketiga tipe tersebut, spesifikasinya berbeda-beda, bahkan ada yang menggunakan sistem ABS. Perbedaan tersebut mulai dari fitur, performa, desain, dan lain sebagainya.

Dilansir dari situs resmi Yamaha Indonesia, berikut perbedaan Nmax ABS dan Non ABS.

Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli (544993)
searchPerbesar
Tampilan samping all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
1. Desain
Yang pertama adalah dilihat dari sisi desain antara seri ABS dan non ABS. ABS sendiri merupakan sebutan dari sistem kerja rem dengan teknologi Anti-lock Breaking System. Fitur ini berguna untuk mengendalikan motor dalam kondisi darurat yang bisa terhindar dari potensi kecelakaan.
ADVERTISEMENT
Perbedaan seri ABS dan non-ABS terlihat dari bagian desain bodi kedua seri ini. Jika Anda teliti, ternyata keduanya sedikit berbeda, walaupun tidak terlalu menonjol.
Perbedaannya terletak pada bagian aksesoris bodinya, yang mana stiker ABS dan indikator ABS di bagian speedometer tidak ditemukan pada seri non ABS. Pada bagian bodi ini mungkin tidak mempengaruhi terhadap apapun, namun cukup menarik sebagai informasi untuk diketahui.
2. Fitur
Sistem ABS menjadi fitur menarik untuk motor dengan spesifikasi ini. Terdapat fitur sensor saat sepeda motor berjalan, sehingga sensor akan membaca kecepatan baik roda depan maupun belakang.
Yang menarik dari fitur pada Nmax ABS ini, yakni terdapat dua channel yang terletak di roda depan dan belakang. Tentunya, untuk motor non ABS tidak memiliki fitur tersebut
ADVERTISEMENT
3. Performa
Selain fitur, perbedaan Nmax ABS dan non ABS yang akan terasa adalah performa yang ditawarkan. Walaupun sama-sama menggunakan teknologi mesin Bluecore dengan kapasitas 155cc yang membawa silinder tunggal berpendingin cairan, ternyata performa antara Yamaha Nmax ABS dan Yamaha Nmax Non ABS sedikit berbeda.
Dengan berbekal mesin tersebut, motor ini diklaim mampu menghadirkan power yang cukup besar, yaitu sebesar 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14.4 Nm pada 6.000 rpm. Kedua tipe ini telah dilengkapi dengan adanya sistem bahan bakar Fuel Injection yang otomatis bisa membuat penggunaan bahan bakar jauh lebih irit.
Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara Yamaha Nmax ABS dan non ABS. Semoga penjabaran ini bisa membantu Anda sebelum membeli motor tersebut.
ADVERTISEMENT
(FOV)