Persiapan Mudik Naik Mobil Pribadi agar Perjalanan Lancar dan Nyaman

Konten dari Pengguna
27 Maret 2024 11:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi keluarga mudik. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keluarga mudik. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Di momen spesial ini, masyarakat Indonesia biasanya akan menjalankan tradisi mudik ke kampung halamannya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik artinya berlayar atau pergi. Sedangkan secara istilah, mudik adalah suatu perjalanan yang dilakukan seseorang dengan berkunjung ke kampung halamannya.
Tradisi mudik biasa dilakukan oleh orang-orang yang merantau ke Ibukota. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah mobil pribadi.
Saat menggunakan mobil pribadi, Anda bebas menentukan waktu keberangkatan, waktu istirahat, dan lain-lain. Meski begitu, tetap ada sejumlah persiapan mudik naik mobil pribadi yang mesti diperhatikan.

Persiapan Mudik Naik Mobil

Ilustrasi keluarga mudik. Foto: Shutterstock
Perjalanan mudik hendaknya dipersiapkan dengan matang. Dirangkum dari buku Tips Sehat Berpuasa susunan Dian Yuliastuti, dkk., dan sumber lain, berikut ini persiapan mudik naik mobil selengkapnya yang bisa Anda simak:

1. Cek kondisi mobil

Mobil yang ingin digunakan untuk mudik harus dalam kondisi prima. Anda bisa mengecek beberapa hal dasar, mulai dari oli, radiator, rem, roda, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Jika memungkinkan, Anda bisa membawa mobil ke tempat service untuk memastikan kondisinya baik-baik saja. Jangan lupa isi bahan bakar sampai full agar tidak kehabisan di tengah jalan.

2. Bawa bekal yang cukup

Jangan sepelekan urusan perut saat ingin melakukan perjalanan mudik. Sebaiknya Anda persiapkan bekal yang cukup, mulai dari makanan pokok sampai makanan ringan. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli makanan di rest area sepanjang jalan tol.

3. Pilih roof rack yang tepat

Jika Anda membawa banyak barang saat mudik, maka pilihlah roof rack yang tepat. Pertama, dilihat dari bentuk kedua sisinya. Pilihlah roof rack yang terdiri dari sambungan pipa-pipa bagian depan dan belakang yang dipasang sejajar.

4. Bawa obat-obatan

Obat-obatan diperlukan dalam perjalanan mudik. Anda bisa membawa obat anti nyamuk, obat gatal, vitamin, obat mabuk perjalanan, obat maag, dan lain-lan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.
ADVERTISEMENT

5. Siapkan uang tunai

Meski sudah memasuki era digital, namun Anda tetap harus membawa uang tunai saat mudik. Uang tunai tersebut bisa digunakan untuk membayar toilet umum, membeli jajanan di jalan, membeli makanan di warung, dan lain-lain.

6. Jumlah penumpang dan barang bawaan

Jangan melebihi kapasitas jumlah penumpang dan barang bawaan. Selain tidak nyaman, kelebihan muatan juga bisa membuat perjalanan mudik Anda kurang aman.
Bawalah barang bawaan secukupnya. Jika tidak muat dimasukkan ke dalam mobil, maka Anda bisa mengirim barang tersebut menggunakan jasa ekspedisi atau pengiriman kargo.
(NDA)