Otomotif
·
22 Juli 2021 20:34
·
waktu baca 2 menit

Pertalite Dicampur Premium? Begini Bahayanya untuk Kendaraan Anda

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Pertalite Dicampur Premium? Begini Bahayanya untuk Kendaraan Anda  (37977)
searchPerbesar
Driver ojek online mengisi bahan bakar bensin. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Banyak para pengguna kendaraan bermotor beranggapan bahwa mencampurkan bahan bakar Pertalite dengan Premium akan menghemat pengeluaran Anda. Benarkah begitu?
ADVERTISEMENT
Sesungguhnya cara tersebut hanyalah mitos belaka. Pada dasarnya, bahan bakar pada kendaraan bermotor sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mesinnya. Untuk itu, Anda tidak boleh sembarangan mencampur bahan bakar, baik Pertalite dengan Premium atau dengan bahan bakar lainnya.
Dikutip dari moladin.com, mencampurkan bensin dengan tipe yang berbeda ternyata dapat berbahaya bagi mesin kendaraan kalian. Sebab, Premium tidak memiliki zat aditif.
Bila dicampur dengan Pertalite, maka zat aditif yang ada di Pertalite bisa berkurang. Efeknya, akan timbul kerak pada piston, kepala silinder, dan sekeliling payung klep. Ketika kerak menumpuk, ada potensi terjadi knocking atau ngelitik.
Akibatnya, bisa dipastikan kinerja mesin tidak akan optimal, serta membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.
ADVERTISEMENT

Efek Pertalite Dicampur Premium

Efek dari mencampurkan Pertalite dengan Premium ini diibaratkan seperti teh dan air yang saling melarutkan. Bensin juga merupakan senyawa yang mudah larut, meskipun masing-masing memiliki oktan yang berbeda.
Meski demikian, mencampur Pertalite dan Premium akan berdampak buruk pada kinerja kendaraan. Pasalnya, tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan jadi tidak maksimal. Selain itu, dampak jangka panjangnya bisa mengakibatkan kerusakan di sektor mesin.
Pertalite Dicampur Premium? Begini Bahayanya untuk Kendaraan Anda  (37978)
searchPerbesar
Ilustrasi mengisi bensin self service. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Cara Merawat Mesin dengan Pemilihan BBM

Jika Anda telah terlanjur sering mencampurkan Premium dengan Pertalite, Anda masih bisa memperbaiki kebiasaan tersebut sekarang. Anda bisa memulai merawat mesin dengan pemilihan BBM yang sesuai.
Pilih BBM yang benar-benar dianjurkan oleh pabrikan. Sebab penggunaan BBM dengan RON bawah maupun atas dapat menimbulkan efek negatif.
ADVERTISEMENT
Jangan mempertimbangkan harga dalam memilih BBM. Perlu diingat dampak jangka panjang jika BBM yang digunakan tidak sesuai dengan kompresi mesin, bisa terjadi kerak pada mesin, serta berbahaya di masa mendatang.
Jika Anda pernah mengisi kendaraan Anda dengan bahan bakar campuran dan ingin menggunakan bahan bakar yang sesuai pastkan tangki bensin kendaraan Anda telah dibersihkan. Anda bisa menguras tangki bensin kendaraan Anda.
(HDZ)