Plat Nomor Batam untuk Kendaraan, Ini Kode Hurufnya

Konten dari Pengguna
4 April 2024 16:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Barang bukti kasus pemalsuan STNK dan plat khusus pada Rabu (20/12/2023). Foto: Thomas Bosco/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Barang bukti kasus pemalsuan STNK dan plat khusus pada Rabu (20/12/2023). Foto: Thomas Bosco/kumparan
ADVERTISEMENT
Kota Batam memiliki plat nomor kendaraan dengan kode huruf tertentu yang membedakannya dengan daerah lainnya. Kode huruf ini ditemukan pada bagian depan plat nomor yang menunjukkan daerah registrasi kendaraan bermotor.
ADVERTISEMENT
Wilayah registrasi kendaraan umumnya terdiri dari satu huruf hingga dua huruf unik. Setiap kode huruf tersebut tidak hanya digunakan untuk satu daerah, namun dapat mewakili beberapa kabupaten atau kota.
Lantas apa plat nomor Batam? Cari tahu mengenai kode huruf yang digunakan untuk kendaraan yang berasal dari Batam pada uraian di bawah ini.

Plat Nomor Batam untuk Kendaraan Bermotor

Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sama seperti daerah lainnya, Batam juga memiliki kode huruf tersendiri yang menunjukkan wilayah registrasi suatu kendaraan.
Adapun plat nomor kendaraan Batam menggunakan kode huruf BP. Kode ini juga digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau.
Sehingga berbagai kota dan kabupaten yang termasuk dalam wilayah Kepulauan Riau menggunakan kode huruf BP pada plat nomor kendaraan mereka.
ADVERTISEMENT
Adapun kota dan kabupaten yang secara khusus memakai plat huruf BP antara lain Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kota Tanjung Pinang.
Selain kode huruf yang menunjukkan wilayah registrasi yang tercantum pada bagian depan plat nomor, juga tercantum susunan huruf yang disematkan di bagian belakang plat nomor sebagai penanda daerah administrasi spesifik.

Kode Huruf Belakang Plat Nomor BP

Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Plat nomor BP digunakan untuk beberapa daerah seperti Kota Batam hingga Kota Tanjung Pinang. Untuk membedakannya, dapat diketahui melalui kode huruf pada bagian terakhir plat nomor kendaraan.
Berikut ini adalah kode huruf plat nomor BP yang menunjukkan daerah administrasi yang spesifik.
ADVERTISEMENT

1. Kota Batam

Kendaraan yang berasal dari Kota Batam ditandai dengan mencantumkan huruf pertama di bagian belakang plat nomor dari salah satu huruf C-D-E-F-G-H-I-J-M-P-Q-R-Z.

2. Kota Tanjung Pinang

Selain kode BP yang tercantum di bagian depan plat, kendaraan dari Kota Tanjung Pinang memiliki dua huruf yang tertera di bagian belakang plat, yaitu A dan T.

3. Kabupaten Bintan

Untuk kendaraan dari Kabupaten Bintang, dapat dikenali dengan adanya huruf B sebagai huruf pertama di susunan huruf bagian belakang plat nomor.

4. Kabupaten Karimun

Kendaraan bermotor dari Kabupaten Karimun menggunakan huruf K di bagian belakang plat nomor kendaraan.

5. Kabupaten Kepulauan Anambas

Format plat nomor Kabupaten Kepulauan Anambas adalah menggunakan kode BP di bagian depan, diikuti nomor seri, dan huruf S di bagian belakang plat nomor kendaraan.
ADVERTISEMENT

6. Kabupaten Lingga

Untuk plat nomor dari Kabupaten Lingga memiliki format yaitu kode BP di bagian depan, diikuti nomor seri, dan huruf O di bagian belakang plat nomor kendaraan.

7. Kabupaten Natuna

Kendaraan yang diidentifikasi dari Kabupaten Natuna menggunakan huruf N yang tercantum di bagian belakang plat nomor kendaraan.
(SA)