Otomotif
·
21 April 2021 19:54

Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553939)
Deretan Mobil Klasik di Malique Selatan Djakarta. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparan)
Memiliki mobil klasik merupakan hobi yang cukup banyak digemari. Mobil klasik adalah barang istimewa dengan nilai sejarah yang tinggi dengan eksistensi di zamannya.
ADVERTISEMENT
Meski harus rajin merawatnya, banyak kolektor tetap rela mengeluarkan banyak uang demi mobil klasik. Ini karena mobil dengan gaya klasik dinilai antik namun tetap berkelas.
Selain itu, memiliki mobil klasik juga bisa menjadi ajang nostalgia bagi para pemiliknya.
Berbicara mobil klasik, ada banyak yang masih beredar di Indonesia. Berikut ini adalah rekomendasi mobil-mobil klasik populer yang ada di Indonesia dilansir dari kumparanOTO:

1. Mobil Klasik Honda Civic Estilo

Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553940)
Honda Civic Estilo. (Foto: dok. Dwi Putra Indrawan)
Honda Civic Estilo adalah mobil klasik produksi 90-an, tepatnya 1991 hingga 1995. Sebagai tipe sedan, Civic klasik ini memiliki keunikan dengan yaitu desain 2 pintunya. Hal itu yang membuat Civic Estilo cukup digemari di Indonesia.
Soal mesinnya, Honda Civic Estilo dibekali mesin 1.600 cc SOHC 16 katup. Dengan mesin itu, Civic dengan kode mesin D16 ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 120 dk.
ADVERTISEMENT

2. Mobil Klasik Honda Accord Maestro

Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553941)
Honda Accord Maestro. (Foto: wikimedia commons)
Masih dari pabrikan Honda, kali ini ada Accord Maestro. Seperti Civic Estillo, mobil klasik ini merupakan produksi tahun 90an. Honda tipe sedan yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, seperti bagasi yang luas, fitur AC climate control, fitur electric folding mirror, dan pengaturan ketinggian jok.
Mengenai permesinan, Honda Accord Maestro memiliki mesin berkapasitas 2.0 liter dengan kode F20 PGM FI. Tenaga yang mampu dihasilkan dari mesin ini mencapai 133 dk dan torsi 179 Nm. Selain itu, Accord klasik ini mengandalkan roda penggerak depan.

3. Mobil Klasik Toyota Starlet

Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553942)
Toyota Starlet. (Foto: wikimedia commons)
Beralih ke pabrikan Toyota, kali ini ada Toyota Starlet yang populer di era 80-an hingga 90-an. Toyota Starlet merupakan mobil klasik tipe hatchback yang saat ini banyak diburu.
ADVERTISEMENT
Spesifikasi mesinnya sendiri terdiri dari 2 tipe, yakni mesin kapasitas 1.0 liter dan 1.3 liter. Pada kapasitas 1.0 liter, mesinnya menggunakan karburator SOHC bertenaga 55 dk dan torsi 102 Nm.
Sedangkan mesin 1.3 liter memberikan tenaga 65 dk dan torsi 104 Nm. Berbeda dengan mobil-mobil manual saat ini, Toyota Starlet hanya memiliki 4 percepatan pada sistem transmisinya.
4. Toyota Corolla Twincam Liftback
Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553943)
Toyota Corolla Twincam Liftback. (Foto: liecklongley/flickr.com)
Pada daftar berikutnya ada Toyota Corolla Twincam Liftback yang diproduksi pada era 90-an. Toyota klasik ini memiliki desain perpaduan antara sedan dan hatchback.
Desainnya yang dinilai aneh membuat Corolla Twincam Liftback sedikit digemari di masanya. Namun, saat ini Corolla Twincam Liftback justru banyak digemari kolektor.
Mesin dari Corolla klasik ini menggunakan mesin besin karburator kapasitas 1.6 liter DOHC, berkode 4A-F. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 95 dk dengan torsi 127 Nm.
ADVERTISEMENT
5. BMW E30
Rekomendasi Mobil Klasik Populer yang Banyak Diburu (553944)
BMW E30. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparan)
Dari pabrikan BMW, ada BMW E30 yang juga cukup banyak diburu. BMW E30 mulai hadir di Indonesia pada tahun 1986. Untuk variannya, BMW E30 hadir di Indonesia dengan varian M10 dan M40.
Menyoal mesin, BMW E30 memiliki spesifikasi mesin 4-silinder segaris SOHC dengan kapasitas 1.8 liter.
Varian M10 mampu menghasilkan tenaga sampai 103 dk dan torsi 145 Nm. Sedangkan varian M40 memberikan tenaga hingga 111 dk dan torsi 162 Nm.
Bagi Anda yang sedang berburu mobil klasik, pilihan-pilihan di atas bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. Namun, Anda harus bersabar dalam mencarinya sebab populasi mobil klasik cukup terbatas. (RAS)