Rekomendasi Mobil Listrik Murah Buatan Hyundai

Konten dari Pengguna
4 April 2022 14:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peluncuran mobil listrik pertama produksi Indonesia Hyundai IONIQ 5. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Peluncuran mobil listrik pertama produksi Indonesia Hyundai IONIQ 5. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rekomendasi mobil listrik murah mungkin menjadi salah satu topik yang Anda cari. Mobil listrik kini sedang digencarkan penggunaannya oleh Pemerintah Indonesia. Bahkan, Indonesia sedang membangun ekosistem untuk mempercepat aplikasi penggunaan mobil listrik sebagai langkah untuk mengatasi pemanasan global.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman Nissan, sejarah mobil listrik di Indonesia telah dimulai pada tahun 2012. Pada masa itu, mobil listrik pertama kali dikembangkan di Indonesia. Pengembangannya sempat tertunda. Namun, kembali digencarkan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.
Saat ini, ada sejumlah kebijakan untuk mendorong pengembangan mobil listrik. Salah satunya adalah Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.
Peraturan tersebut menyatakan bahwa semua motor maupun mobil listrik murni di wilayah DKI Jakarta tidak akan dikenakan pajak BBN 12,5 persen. Dengan adanya pembebasan pajak, mobil listrik menjadi lebih berkurang harganya. Dengan demikian, masyarakat dengan uang lebih dapat melirik kendaraan listrik dibandingkan mobil mahal lainnya. Pemilik kendaraan listrik juga akan dibebaskan dari kebijakan ganjil genap di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Hyundai merupakan salah satu produsen mobil yang memiliki produk mobil listrik murah di Indonesia. Penasaran dengan produknya? Berikut ini adalah ulasannya

Rekomendasi Mobil Listrik Murah Buatan Hyundai

Dilansir dari laman kumparanOTO, terdapat beberapa mobil listrik Hyundai yang dijual di Indonesia. Berikut ini adalah ulasannya
1. Hyundai Ioniq
Hyundai IONIQ 5 meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Salah satu pabrikan otomotif asal Korea Selatan yakni Hyundai meluncurkan produk mobil listriknya di Indonesia. Mobil tersebut adalah Hyundai Ioniq. Mobil ini berjenis sedan.
Mobil ini memiliki satu motor listrik yang dikombinasikan dengan baterai lithium-ion polymer berdaya 38,3 kW. Tenaga mobil ini diklaim setara dengan 134 dk dan memiliki torsi sebesar 295 Nm. Konfigurasi kelistrikan tersebut dipadukan dengan sistem transmisi Single Speed Reduction Gear.
ADVERTISEMENT
Hyundai Ioniq dapat melaju hingga jarak 373 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Untuk pengisiannya, mobil ini membutuhkan waktu 54 menit jika menggunakan fast charging 100 kW. Jika menggunakan pengisian daya standar membutuhkan waktu yang agak lama yakni 6 jam 5 menit untuk mengisi daya hingga 80 persen.
Mobil ini merupakan mobil listrik satu-satunya yang memiliki harga terjangkau. Mobil ini dijual oleh Hyundai pada harga Rp 569 juta saja.
2. Hyundai Kona Electric
Hyundai Kona electric facelift. Foto: dok Motor1
Selain Ioniq, Hyundai juga menghadirkan mobil listrik lainnya yakni Hyundai Kona Electric. Dilansir dari laman resmi Hyundai, Mobil ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 39,2 kWh.
Dengan baterai tersebut, mobil listrik Hyundai Kona mampu berkendara dengan jarak tempuh 305 kilometer berdasarkan metode pengukuran WLTP. Mobil ini juga memiliki akselerasi yang cepat. Mobil ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dengan waktu 9,9 detik. Performansi tersebut dihasilkan dari motor listriknya yang menggunakan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM). Motor tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 kW dengan torsi maksimal 395 Nm.
ADVERTISEMENT
Untuk mengisi baterainya, mobil ini dapat dilakukan pengisian daya melalui AC Charger, DC Fast Charger maupun portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak arus listrik rumah. Pengisian menggunakan DC fast charger hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk mencapai keterisian daya baterai hingga 80 persen.
Mengutip dari laman Hyundai Cl!ck to Buy, mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 734.900.000. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan garansi baterai selama delapan tahun. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free maintenance selama lima tahun.
(RFN)