Rest Area Jakarta Merak dan Fasilitas yang Tersedia

Konten dari Pengguna
4 April 2024 15:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Para pemudik terlihat mengalami kemacetan di sepanjang Gerbang Tol Merak, Banten pada Kamis (28/4). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Para pemudik terlihat mengalami kemacetan di sepanjang Gerbang Tol Merak, Banten pada Kamis (28/4). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Keberadaan rest area menjadi fasilitas yang penting dari suatu jalan tol. Rest area dapat dijadikan tempat beristirahat sementara bagi pengendara ataupun untuk melakukan aktivitas lainnya.
ADVERTISEMENT
Rest area tersebar di berbagai titik di jalan tol, termasuk pada jalan Tol Jakarta Merak. Pengendara akan menemukan sejumlah rest area dengan dua tipe, yaitu Tipe A dan Tipe B. Lantas mana saja rest area di Jakarta Merak?
Untuk mengetahui lokasi dan apa saja fasilitas yang tersedia, cari tahu informasi selengkapnya pada rangkuman di bawah ini.

Daftar Rest Area Jakarta Merak

Ilustrasi rest area Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Berikut ini adalah beberapa rest area yang dapat ditemukan pengguna jalan tol Jakarta Merak.

Rest Area ke Arah Merak

Rest Area ke Arah Jakarta

Fasilitas Rest Area Jakarta Merak

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Jakarta-Merak, Kota Tangerang, Banten, Rabu (29/12/2021). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Tidak hanya menjadi tempat untuk melepas lelah setelah melakukan perjalanan jauh, tetapi pengendara juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan.
ADVERTISEMENT
Misalnya untuk mengisi bahan bakar kendaraan, mengisi perut, beribadah, dan masih banyak lagi. Mengutip dari media sosial Instagram Official Rest Area Merak di akun @restareamerak, beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengguna jalan tol antara lain sebagai berikut.

1. Masjid

Pengunjung yang ingin beribadah dapat mengunjungi masjid yang berada di Tol Tangerang-Merak. Terdapat beberapa masjid yang memiliki desain dan kapasitas yang luas.
Adapun masjid yang ada di rest area ini antara lain Masjid Al-Amin di rest area KM 68 A, Masjid Baiturrahman di rest area KM 68 B, dan Masjid Al-Amin di rest area KM 45 B.

2. Tempat Parkir

Fasilitas lain yang disediakan adalah tempat parkir yang luas untuk menampung kendaraan golongan I maupun kendaraan besar. Selain itu, terdapat pula petugas keamanan dan CCTV yang siap memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung.
ADVERTISEMENT

3. Toilet

Rest Area Merak juga menyediakan toilet yang selalu melakukan kontrol rutin untuk menjaga ketersedian air, kebersihan, dan menyediakan fasilitas toilet bagi penyandang disabilitas.

4. SPBU

Layanan SPBU merupakan fasilitas yang penting dari infrastruktur jalan raya dan tol. Di rest area ini, terdapat SPBU yang tersedia selama 24 jam.
SPBU Rest Area Merak juga menyediakan beragam jenis bahan bakar seperti diesel dan bensin untuk mendukung kelancaran mobilitas kelancaran kendaraan bermotor.

5. Ruang Laktasi

Rest area di jalan tol Tangerang-Merak juga tersedia ruang laktasi untuk mendukung kenyamanan dan kebutuhan ibu yang sedang menyusui.

5. Bengkel

Rest Area Merak menyediakan fasilitas bengkel yang beroperasi selama 24 jam bagi kendaraan kecil maupun kendaraan besar.

6. Minimarket

Fasilitas berikutnya yang dapat dinikmati oleh pengguna jalan tol adalah minimarket yang menyediakan barang-barang yang dibutuhkan, seperti makanan, minuman, peralatan mandi, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya.
ADVERTISEMENT

7. UMKM

Terdapat pula fasilitas UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang mendukung pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk-produk lokal.
(SA)