Rest Area Tol Jakarta-Cikampek, Ini Lokasi dan Tipenya

Konten dari Pengguna
4 April 2024 13:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rest area Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rest area Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
Tol Jakarta-Cikampek menjadi jalan tol yang bakal menerima banyak pengendara dari atau menuju Jakarta. Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mengetahui daftar rest area Tol Jakarta-Cikampek.
ADVERTISEMENT
Fasilitas rest area tak hanya bisa digunakan untuk beristirahat sejenak usai berkendara jauh, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi bahan bakar kendaraan, membeli kebutuhan di minimarket, atau mengisi perut di restoran yang disediakan.
Di Tol Jakarta-Cikampek, terdapat 15 rest area yang dapat disinggahi oleh para pengendara. Simak terus uraian artikel ini untuk mengetahui daftar rest area Tol Jakarta-Cikampek selengkapnya.

Rest Area Tol Jakarta-Cikampek

Ilustrasi rest area Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Mengutip laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), fasilitas rest area terdiri atas beberapa tipe, yaitu tipe A, B, dan C. Berikut sederet rest area di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Rest Area Tol Jakarta-Cikampek ke Arah Cikampek

ADVERTISEMENT

Rest Area Tol Jakarta-Cikampek ke Arah Jakarta

Tipe-tipe Rest Area di Jalan Tol

Area parkir khusus disabilitas di Rest Area Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) KM 207A, Rabu (20/3/2024). Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Telah disinggung sebelumnya, tipe rest area terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu A, B, dan C. Perbedaan rest area tersebut ditentukan berdasarkan luas lahan dan fasilitas yang disediakan.
Berikut penjelasan dari masing-masing tipe rest area di jalan tol, berdasarkan informasi yang telah Info Otomotif rangkum dari berbagai sumber.
ADVERTISEMENT

1. Rest Area Tipa A

Rest area tipe A memiliki lahan yang paling luas. Fasilitas yang disediakan adalah toilet, ATM, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, tempat parkir, restoran, kios, ruang terbuka hijau, dan sebagainya.
Ada beberapa peningkatan fasilitas rest area tipe A dan B yang dilakukan pasca pandemi, yaitu penambahan toilet portable yang bersih dan wangi, RAMS (Rest Area Management System), CCTV, dan sebagainya.

2. Rest area Tipe B

Rest area tipe B memiliki lahan dengan luas menengah. Fasilitas yang disediakan adalah ATM, toilet, kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, tempat parkir, dan sebagainya.
Rest area tipe B tidak dilengkapi SPBU. Namun, di beberapa rest area disediakan tangki pengisian BBM self service. Jenis BBM yang dijual juga terbatas, umumnya BBM non subsidi.
ADVERTISEMENT

3. Rest Area Tipe C

Rest area tipe C merupakan rest area sementara yang menyediakan fasilitas terpenting, seperti tempat parkir musholla, toilet, dan kios. Rest area tipe C beroperasi di musim mudik atau liburan untuk menampung kendaraan dari rest area tipe lain yang meluber.
Perlu diketahui bahwa desain tidak mempengaruhi pengelompokan tipe rest area. Bisa saja rest area tipe B menyedot lebih banyak pengunjung karena menyukai desain dan kerapian penataan rest area tersebut.
(NDA)