Rincian Servis Mobil, Jenis-jenis dan Kisaran Biayanya

Konten dari Pengguna
16 April 2024 13:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi servis mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi servis mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Servis mobil menjadi suatu hal yang penting agar mesin kendaraan selalu dalam kondisi prima. Dalam praktiknya, servis mobil ini terbagi ke dalam beberapa jenis dengan biaya yang beragam pula.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai rincian servis mobil, mulai dari jenis-jenis hingga kisaran biayanya, simak terus uraian artikel Info Otomotif berikut ini hingga tuntas.

Jenis-jenis Servis Mobil dan Kisaran Biayanya

Ilustrasi servis mobil. Foto: Pexels
Merujuk laman Auto2000, servis mobil terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tune up, servis berkala, dan servis khusus komponen tertentu. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Tune Up

Tune up mobil adalah menyeting atau menstandarisasi jantung mekanis kendaraan, dengan cara penyetelan ulang sampai penggantian komponen.
Secara umum, tune up itu meliputi pembersihan area ruang bakar khususnya carbon chamber dengan teknik gurah, jalur injektor, throttle body dari kotoran hasil pembakaran, sehingga area pembakaran bersih.
Oleh karena itu, tune up sering disebut dengan istilah servis ringan yang dilakukan pada mesin mobil agar performanya tetap dalam kondisi baik. Tune up menjadi penting bagi mobil apabila digunakan setiap hari, sebab kondisinya akan mengalami penurunan.
ADVERTISEMENT
Manfaat tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin agar tetap optimal layaknya mobil baru dan memperpanjang usia pakai mobil Anda.
Tidak hanya itu, fungsi tune up mobil lainnya adalah untuk menghindari risiko kerusakan yang lebih parah jika mobil mengalami gangguan mesin.
Layanan servis kendaraan ini bisa dilakukan pemilik mobil kapan pun. Artinya, tune up mobil tidak terpaku pada periode tertentu seperti halnya servis berkala.
Adapun pelaksanaan tune up biasanya dilakukan di bengkel resmi atau bengkel umum. Biayanya dapat berbeda-beda, tergantung kondisi komponen mobil Anda. Namun, rata-rata Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp 400.000 untuk melakukan tune up.
ADVERTISEMENT

2. Servis Berkala

Servis berkala adalah salah satu jenis perawatan untuk mobil yang dilakukan dengan jadwal tertentu. Pemilik mobil bisa lakukan servis berkala di bengkel resmi.
Beberapa hal yang umum dilakukan montir saat servis berkala, yaitu berupa pengecekan mesin, komponen kelistrikan, fungsi-fungsi mobil seperti power steering, pengereman, hingga kaki-kaki mobil.
Selain itu, biasanya ada penggantian oli. Jika ditemukan ada kerusakan komponen saat servis berkala, bengkel pun akan melakukan penggantian.
Biaya servis berkala dapat berbeda-beda, tergantung kondisi mobil Anda. Namun, Anda sebaiknya menyiapkan budget mulai dari Rp1.000.000 untuk melakukan servis berkala pada mobil.

3. Servis khusus

Servis khusus merupakan jenis servis yang hanya dilakukan pada bagian mobil yang mengalami kerusakan saja. Beberapa contoh servis khusus antara lain:
ADVERTISEMENT
Soal biaya, masing-masing servis khusus di atas memiliki price list tersendiri. Artinya, biaya yang dikeluarkan akan berbeda sesuai dengan jenis servis yang akan Anda pilih.
(NDA)