Otomotif
·
14 September 2021 10:51
·
waktu baca 3 menit

Safety Officer: Pengertian dan Tugasnya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Safety Officer: Pengertian dan Tugasnya (10034)
searchPerbesar
Peserta melakukan simulasi penyelamatan korban di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Pemprov DKI Jakarta, Gambir, Jakarta, Rabu (2/6). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
Tak hanya di luar negeri, di Indonesia juga ada profesi Safety Officer ini. Dan, gajinya pun juga tak kalah menarik dari profesi lainnya.
ADVERTISEMENT
Mungkin sebagian orang asing dengan profesi tersebut. Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini berkaitan dengan keselamatan kerja.
Lantas, apa itu pengertian Safety Officer yang sebenarnya? Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Safety Officer

Dikutip dari laman keselamatan kerja, Safety Officer adalah suatu profesi yang kewajibannya adalah memastikan pekerja yang berada di lingkungan kerja suatu perusahaan agar terjaga keamanan dan kesehatannya.
Tugas dan tanggung jawab seorang safety officer atau yang dikenal sebagai SO tentu sangat besar dan hampir sama dengan Ahli K3 Umum. Hal tersebut karena segala pekerjaan SO berkaitan dengan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja banyak orang.
Maka dari itu dalam memilih tenaga Safety Officer, perusahaan tidak akan pernah asal. Hanya orang yang profesional dengan latar pendidikan tertentu dan sudah menempuh latihan khusus saja yang dapat menjadi bagian dari Safety Officer.
ADVERTISEMENT
Atas dasar hal tersebut juga seorang Safety Officer biasanya perlu mengikuti pelatihan safety officer secara khusus sebelum menerima jabatan tersebut.
Kemudian, SO memiliki beberapa tugas dan tanggung jawabnya dalam pekerjaan. Di bawah ini kami akan menerangkan mengenai tugas dan tanggung jawabnya.
Safety Officer: Pengertian dan Tugasnya (10035)
searchPerbesar
Mekanik Honda menyiapkan motor yang digunakan instruktur safety riding Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tugas dan Tanggung Jawab Safety Officer
Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang safety officer. Beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab seorang SO meliputi :
  • Mengidentifikasi dan membuat pemetaan potensi bahaya
Segala bentuk bahaya yang berkemungkinan terjadi dalam proses operasional bisnis yang dilakukan wajib hukumnya untuk diidentifikasi dan dipetakan oleh seorang SO atau safety officer. Seorang SO perlu membuat tingkatan resiko bahaya dan peluang terjadinya bahaya di lingkungan kerja.
ADVERTISEMENT
  • Membuat suatu gagasan program K3
Gagasan program K3 yang perlu dibuat mencakup berbagai hal termasuk tentang usaha preventif dan korektif. Usaha preventif sendiri memiliki tujuan untuk mengurangi terjadinya bahaya atau kecelakaan di lingkungan kerja.
Sementara usaha korektif memiliki tujuan untuk menanggulangi terjadinya potensi kecelakaan di lingkungan kerja serta diperlukan guna melakukan tindakan mitigasi di lingkungan kerja.
  • Membuat serta memelihara dokumen yang berkaitan dengan K3
Dalam menghindari bahaya dan menanggulanginya di lingkungan kerja, dokumentasi yang baik menjadi aspek yang sangat penting dipersiapkan. Hal semacam ini juga termasuk membuat suatu prosedur baku serta pemeliharaan barang yang berkaitan dengan K3.
  • Melakukan evaluasi atas insiden kecelakaan
Kecelakaan yang berpotensi terjadi di lingkungan kerja wajib hukumnya untuk dianalisa atau dievaluasi untuk mengetahui akar permasalahan termasuk tindakan preventif serta kuratif yang dapat di ambil sebagai langkah lanjutan.
ADVERTISEMENT
Jadi mereka harus mencari tahu apa akar masalah dari terjadinya kecelakaan. Mereka wajib melakukan monitoring terhadap efektivitas program yang sedang berjalan. Jika dirasa perlu melakukan perubahan serta perbaikan program K3 yang dirasa kurang maka safety officer perlu melakukan tugasnya segera.
  • Menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah
Terakhir, Anda juga memiliki tugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pemerintah. Jika memang ada regulasi pemerintah yang tidak dapat dilakukan perusahaan, Anda harus menyampaikannya.
Anda juga perlu berusaha menyelaraskan antara aturan pemerintah dengan kebijakan perusahaan. Anda harus meyakinkan semua pihak kalau kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat dipenuhi oleh perusahaan.
Bisa dikatakan ada banyak tugas dan tanggung jawab penting yang harus dijalani oleh seorang safety officer di sebuah perusahaan. Namun semua tugas dan tanggung jawab yang dilakukan tersebut tentunya membuat gaji seorang safety officer tinggi.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai profesi Safety Officer yang mungkin belum Anda tahu.
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020