Otomotif
·
16 Juni 2021 10:44
·
waktu baca 3 menit

Sempat Jadi Supercar Populer, Ini Harga dan Spesifikasi Nissan GT-R

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Sempat Jadi Supercar Populer, Ini Harga dan Spesifikasi Nissan GT-R  (8061)
searchPerbesar
Nissan GT-R R35. (Foto: dok. Paultan)
Berbicara supercar, pabrikan otomotif Nissan punya salah satu mobil yang menjadi impian banyak orang. Mobil itu adalah Nissan GT-R yang kerap menjadi supercar idaman.
ADVERTISEMENT
Namun, supercar dari pabrikan Jepang ini tidak dijual secara resmi di Indonesia. Penjualan mobil ini biasanya dilakukan oleh importir yang memboyongnya ke tanah air.
Sebagai supercar, Nissan GT-R tentu memiliki harga yang terbilang fantastis. Ini sebabnya mobil ini biasanya dibeli oleh mereka yang termasuk kaum borjuis.
Penasaran dengan harga dan spesifikasinya? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Harga Nissan GT-R

Menyoal harga, Nissan GT-R terbilang punya banderol yang fantastis. Untuk model standarnya, harga Nissan GT-R adalah sekitar $115.235. Jika dirupiahkan, harganya mencapai Rp 1,8 miliar.
Sementara model Nismo dihargai lebih mahal bahkan hampir dua kali lipatnya. Harga model ini adalah sekitar $212.435 atau dalam rupiah mencapai Rp3,4 miliar.
Di Indonesia, Nissan GT-R yang bisa ditemui adalah Nissan GT-R R35. Harga mobil ini adalah sekitar Rp 3 miliar untuk varian termurahnya.
ADVERTISEMENT
Untuk harga bekasnya, Nissan GT-R juga memiliki banderol yang masih tinggi. Di pasaran, harga bekas supercar ini berkisar dari Rp 1.5 miliar sampai 5 miliar tergantung tahun produksi dan variannya.
Dulu, mobil Nissan ini pernah dijual oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) di tahun 2012 sampai 2013. Berdasarkan data impor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), NMI mendatangkan sembilan unit Nissan GT-R dari Jepang.
Spesifikasi Nissan GT-R
Mengenai spesifikasinya, mobil ini langsung dikenal sebagai GT-R R35 dengan tampilan belakang yang memiliki empat lampu berbentuk melingkar.
Sebagai penerus Skyline GT-R, R35 hadir dengan spesifikasi mesin yang buas. Dengan julukan Godzilla, Nissan GT-R R35 dibenamkan mesin 3.8 liter berkonfigurasi V8.
Dari mesin itu, supercar ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 480 dk pada 6.400 rpm dan torsi puncak 588 Nm pada rentang 3.200 hingga 5.200 rpm.
ADVERTISEMENT
Mesin itu kemudian dipadukan dengan transmisi otomatik 6 percepatan yang disalurkan ke 4 roda penggerak.
Spesifikasi mesin seperti itu diklaim membuat Nissan GT-R R35 tahun 2008 mampu menyentuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu singkat, yakni 3,9 detik. Kecepatan maksimumnya sendiri terbilang tinggi, yaitu mencapai 311 km/jam.
Nissan GT-R R35 2020
Selain model-model lama seperti Nissan GT-R R35 yang pernah populer di Indonesia, Nissan juga ternyata sudah meluncurkan model barunya pada tahun 2020.
Pada keluaran baru Nissan GT-R R35 ini terdapat mesin VR38DETT dengan konfigurasi yang sama seperti mobil balap Nissan GT-R GT3.
Ini terlihat dengan konfigurasi mesin Nissan GT-R GT3 yang menggunakan konfigurasi V6 mesin hand-crafted 3.800 cc silinder yang memiliki twin turbocharged.
ADVERTISEMENT
Meskipunbegitu, turbocharger pada Nissan GT-R GT3 sedikit berbeda dengan yang ada pada Nissan GT-R R35. Ini karena model GT-R GT3 memiliki pisau turbin yang sedikit berbeda.
Keunggulan lainnya yang dimiliki model baru Nissan GT-R R35 ini adalah penggunaan bahan dasar karbon. Bahan ini bisa dilihat dari beberapa bagian mobil seperti bumper depan belakang, kap, atap, side skirt, fender, bagasi, sampai spoiler yang menggunakan karbon fiber.
Pada keluaran baru Nissan GT-R R35 tahun 2020, tenaganya mengalami peningkatan dibandingkan mdoel lamanya. Pada model baru ini, tenaganya mampu mencapai daya maksimum sampai 565 dk. Sementara itu, untuk versi Nismo mengeluarkan tenaga sebesar 600 dk.
Menurut situs resmi Nissan, kemampuan akselerasi Nissan GT-R R35 ini lebih baik sebanyak 20 persen. (RAS)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020