Otomotif
·
9 Juni 2021 15:54
·
waktu baca 3 menit

Setir Mobil Bergetar? ini 3 Penyebab Umumnya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Setir Mobil Bergetar? ini 3 Penyebab Umumnya (27242)
Ilustrasi setir mobil (Foto: Pixabay)
Tidak ada pengemudi yang menyukai ketika setir mobilnya mulai bergetar. Tanda bahwa gagang setir mobil Anda bergetar menandakan ada yang tidak beres dengan mobil Anda.
ADVERTISEMENT
Jika dibiarkan begitu saja, hal ini tentunya akan mengangu kenyamanan berkendara. Lalu, apa yang menjadi penyebab setir mobil bergetar?
Berikut beberapa penyebab umumnya.

Penyabab Umum Setir Mobil Bergetar

Dikutip dari gregs.com, ada 3 penyebab umum setir mobil bergetar. Berikut 3 penyebabnya,

1. Ban tidak seimbang

Pertama, penyebab paling umum yang terjadi ketika setir mobil bergetar adalah ketika jika ban mobil Anda tidak sejajar atau tidak seimbang, maka setir mobil akan bergetar.
Setir Mobil Bergetar? ini 3 Penyebab Umumnya (27243)
Ilustrasi ban mobil (Foto: Pixabay)
Jika ini adalah masalanya, kemungkinan besar sebagai pemilik mobil, Anda terlalu sering mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.
Getaran ini akan terjasa ketika Anda sedang melaju dengan kecepatan 50 mil per jam atau bahkan lebih.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek, apakah posisi ban memang benar-benar dalam kondisi yang seimbang. Jika belum seimbang, pastikan untuk segera memperbaiki atau melakukan perawatan di bengkel mobil.

2. Masalah pada Brake Rotors

Jika setir Anda bergetar ketika sedang mengerem, itu bisa jadi karena Brake Rotors pada mobil tidak lagi dalam bentuk bulat. Dengan kata lain, rotor sudah mulai aus, kehilangan bentuknya, dan menjadi bengkok.
Setir Mobil Bergetar? ini 3 Penyebab Umumnya (27244)
Ilustrasi brake rotors (Foto: Pixabay)
Dalam hal ini, Anda juga mungkin merasakan beberapa getaran melalui pedal rem setiap kali Anda menekan kaki Anda di atasnya. Rem adalah komponen yang sangat penting dari kendaraan Anda karena memungkinkan Anda untuk berhenti dengan aman, jadi penting untuk melihat masalah ini sesegera mungkin.
ADVERTISEMENT
Bahkan jika Anda baru saja memasang rem baru, getaran saat mengerem merupakan tanda adanya masalah serius. Ada kemungkinan bahwa rotor tidak terpasang dengan benar, dan ketidakmampuan bantalan rem untuk menjepit secara efisien adalah indikasi yang menyebabkan munculnya getaran pada setir mobil.
Bawa kendaraan Anda ke bengkel mobil sesegera mungkin, dan mekanik akan memeriksa untuk menentukan apakah rotor rem Anda perlu dilapis ulang, diganti, atau hanya disesuaikan.
Atau, masalahnya bisa karena bantalan rem. Jika rotor masih dalam kondisi baik, maka saatnya untuk melihat bantalan itu sendiri.
Jika getaran semakin buruk saat Anda mengerem, itu berarti masalahnya hampir pasti ada di suatu tempat di sistem pengereman.
Rotor dan bantalan adalah penyebab yang paling mungkin, tetapi penting untuk menyelidiki seluruh sistem sampai masalahnya dapat diidentifikasi dan diselesaikan.
ADVERTISEMENT

3. Komponen Suspensi aus

Setir Mobil Bergetar? ini 3 Penyebab Umumnya (27245)
Ilustrasi setir mobil, Test Drive Wuling Almaz, posisi tangan yang benar saat menggenggam setir Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tidak seperti masalah pada ban dan brake rotors, masalah suspensi dan keselarasan juga dapat menyebabkan guncangan dan setir bergetar saat mengemudi.
Gemetar akibat ball joint atau tie rod yang aus lebih sering terjadi pada kendaraan yang lebih tua daripada yang lebih baru, jadi ini layak mendapat pertimbangan ekstra jika Anda telah mengendarai mobil yang sama untuk sementara waktu.
Pada dasarnya, komponen suspensi bisa menjadi longgar dan munculnya beberapa getaran yang terasa kuat ketika mobil sudah melaju dengan kecepatan atas 45 mil per jam atau lebih.
Jika kedengarannya seperti yang terjadi pada kendaraan Anda, sebaiknya hentikan mengemudi mobil dan bawa ke bengkel sesegera mungkin untuk menghindari masalah yang semakin parah.
ADVERTISEMENT
Itulah 3 penyebab utama mengapa setir mobil bergetar. Jangan lupa jika setir mobil Anda bergetar, bawalah mobil Anda ke bengkel secepatnya.
(HDZ)