Otomotif
·
28 April 2021 19:24

Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek (805494)
searchPerbesar
Motor bebek kustom modifikasi. Foto: kumparan
Tren modifikasi motor custom dari jenis motor bebek ini sedang diminati oleh para pecinta motor custom. Alasan utama adalah karena harga pasarannya yang ramah kantong.
ADVERTISEMENT
Di situs jual beli online saja harga bekas dari motor bebek sendiri ditawarkan mulai dari 3-5 jutaan.
Selain harga yang terjangkau, alasan lain memilih motor bebek jadi bahan untuk dimodifikasi karena motor jenis ini punya kubikasi mesin yang cukup memadai, apalagi untuk sparepart banyak dijual di pasaran.
Dikutip dari KumparanOTO, berikut kami sajikan 4 motor bebek yang berhasil disulap menjadi motor custom.

Honda Supra Fit Monkey

Yang pertama adalah Honda Supra Fit yang diubah menjadi motor ikonik Monkey. Salah satu builder yang pernah menggarapnya adalah Ariawan Wijaya dari Baru Motor Sport (BMS).
Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek (805495)
searchPerbesar
Modifikasi Honda Supra jadi Monkey (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparanOTO)
Secara ubahan, boleh dibilang konsepnya cukup radikal. Ariawan mencoba mengombinasikan antara konsep bobber dan tracker di dimensi tubuh yang kecil pada Monkey.
ADVERTISEMENT
"Saya mengikuti tren saja, Z50-nya saya bikin jadi tematis bobber. Di kalangan anak motor terkenal dengan sebutan Honda 'Cebol' Bobber," ujar Afep builder dari Flash Rabbit Custom kepada KumparanOTO.
Harga pasaran untuk menebus Honda Supra Fit adalah Rp 3-4,5 juta tergantung tahun dan kondisi.

Honda Astrea C700 Choopy Cub

Yang kedua adalah motor bebek legendaris kepunyaan Honda ini pertama kali meluncur pada 1982. Motor yang punya nama lain Super Cub tersebut ternyata cukup fleksibel untuk dirombak menjadi motor kustom.
Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek (805496)
searchPerbesar
Tampilan samping The Garpit, Honda C700 Choppy Cub. (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan)
Karya yang cukup menarik adalah hasil dari rumah modifikasi Gdzh Custom Cycles asal Jombang, Jawa Timur. Sang builder, Dana Prasetyo berhasil mengubah motor jadul C700 jadi punya tampilan yang gahar dan modern.
ADVERTISEMENT
Konsep custom yang dipilih adalah Choopy Cub. Namun dia sedikit berkreasi dengan memadukan konsep Choopy Cub dengan dragster. Alhasil, dari usahanya itu motor garapannya mampu menyabet juara 3 kelas Street Cub di gelaran Suryanation Surabaya 2019 lalu.
Menyoal biaya custom menyentuh Rp 20 jutaan dengan motor bahan C700 yang ia beli dengan banderol Rp 2 juta saja.

Honda Supra X Monster Cub

Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek (805497)
searchPerbesar
Honda Supra X kustom. Foto: Rainbow Moto Builder
Ketiga motor bebek yang bisa Anda pilih dan punya harga terjangkau adalah Honda Supra X. Belum lama ini, bengkel modifikasi Rainbow Motor Builder asal Sukabumi berhasil mengubahnya menjadi motor kustom bergaya futuristik.
Dari keterangan Dega sebagai buildernya, memilih Honda Supra X jadi bahan untuk dikustom karena harga bekasnya yang relatif murah. Dia juga menjelaskan ingin mengubah image Supra X yang kerap kali disebut motor angkut galon.
ADVERTISEMENT
Bicara konsep kustom dia mengambil ide dari desain pesawat luar angkasa NASA Challenger OSS. Lihat saja rancang tubuhnya, dari depan hingga belakang penuh sesak dengan bodi berbahan pelat galvanis.
Mahar yang diperlukan untuk membuat motor kustom seperti ini kurang lebih Anda harus menyiapkan Rp 23 juta. Sementara untuk Honda Supra X bekas dijual mulai Rp 4 jutaan.

Honda Karisma Tracker Monkey

Super Sangar, 4 Referensi Modifikasi Motor Custom Bebek (805498)
searchPerbesar
Honda Monkey kustim dari motor bebek Karisma. Foto: Flash Rabbit Custom
Yang terakhir, Anda bisa memanfaatkan motor bebek Karisma untuk dijadikan bahan motor custom.
Bukti motor bebek mudah dimodifikasi bisa melihat garapan dari Afep punggawa Flash Rabbit Custom. Beberapa waktu lalu dia berhasil menggarap Honda Monkey berbasis Honda Karisma lansiran 2005.
Secara tampilan, desainnya terbilang identik dengan Honda Monkey asli. Lihat saja detailnya dari bagian depan hingga buritan, Afep coba buat semirip mungkin.
ADVERTISEMENT
"Pertama dipilih karena mesinnya cukup memadai untuk membawa bobot yang berat. Dan ingin tampil beda saja, karena kebanyakan orang kalau ingin custom Monkey pakai C series seperti Supra dan Legenda," katanya.
(HDZ)