Tanda Filter Bensin Mobil Harus Diganti, Perhatikan 5 Hal Ini

Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 13:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tanda filter bensin mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tanda filter bensin mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu bagian terpenting dari sistem bahan bakar mobil adalah filter bensin. Tanpa komponen ini, kotoran dan benda asing lainnya dapat masuk ke mesin sehingga menyebabkan mobil rentan mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT
Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar. Sayangnya, komponen ini memiliki masa pakai terbatas. Jika tidak dirawat dengan baik, komponen ini akan rusak dalam waktu yang singkat.
Untuk mencegah hal buruk terjadi pada mobil, sebaiknya pemilik mobil mengganti filter bensin secara berkala. Lalu, apa saja tanda-tanda filter bahan bakar mobil harus diganti?

Tanda Filter Bensin Mobil Harus Diganti

Ilustrasi tanda filter bensin harus diganti. Foto: Pexels
Sejumlah tanda filter bensin mobil yang membutuhkan penggantian yang dihimpun dari laman DIY Car Service Parts dan sumber lainnya antara lain sebagai berikut.

1. Mobil Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda umum filter bensin perlu diganti adalah ketika mobil sulit dihidupkan. Hal ini dapat terjadi karena filter yang tersumbat atau kotor sehingga jumlah bahan bakar yang dialirkan ke mesin tidak cukup.
ADVERTISEMENT
Mobil membutuhkan bahan bakar yang cukup untuk menghidupkan mesin. Jika komponen ini bermasalah, maka mobil akan mengalami kendala saat dinyalakan.

2. Performa Mobil Menurun

Jika pengemudi merasa mobil kesulitan untuk berakselerasi, maka filter bensin yang rusak bisa jadi salah satu penyebabnya. Mobil akan menjadi tidak bertenaga, terutama saat menyalip, berkendara menanjak, atau membawa beban berat.
Selain itu, pada kondisi normal, putaran mesin biasanya naik turun meski pedal gas tidak diinjak. Namun apabila putaran mesin dinaikkan namun kecepatan mobil tetap stagnan, hal ini menandakan filter bahan bakar mobil bermasalah.

3. Check Engine Light Menyala

Beberapa mobil dilengkapi dengan sistem monitoring mesin yang akan menampilkan Check Engine Light.
ADVERTISEMENT
Apabila lampu ini menyala, maka dapat dijadikan sebagai tanda bahwa terdapat masalah pada filter bensin atau komponen lain pada sistem bahan bakar.
Namun lampu Check Engine juga bisa menandakan adanya masalah lain sehingga diperlukan diagnosis lebih lanjut.

4. Mesin Mobil Tiba-tiba Mati

Tanda berikutnya yang dapat dijadikan petunjuk bahwa filter bensin sudah saatnya diganti yakni ketika mesin mobil tiba-tiba mati saat berkendara.
Filter bensin yang rusak atau tersumbat bisa membuat mesin mobil mogok mendadak karena pasokan bahan bakar terhenti total.
Hal ini menjadi sangat berbahaya saat mobil membawa muatan penuh atau menanjak. Pada kondisi seperti ini, mesin membutuhkan tenaga ekstra. Pendistribusian bensin yang tidak mencukupi akan menyebabkan mesin mati.

5. Konsumsi Bensin Meningkat

Filter bahan bakar bermasalah juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih tinggi. Saat aliran bensin tersumbat, mesin mungkin akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menjalankan kendaraan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, jika pengguna mobil melihat penggunaan bensin menjadi lebih boros maka bisa menjadi indikasi filter bensin perlu perlu diperiksa dan diganti.
(SA)